Jangan Biarkan Kotoran Burung Mengeras di Bodi Mobil

Kotoran burung menempel di mobil
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id – Menjaga mobil agar tetap bersih adalah salah satu cara terbaik untuk merawat cat mobil supaya lebih tahan lama.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman mengatakan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan pemilik untuk menjaga kondisi cat mobil agar tetap cemerlang.

"Sebenarnya, ada beberapa cara sederhana untuk menjaga cat mobil lebih tahan lama dan terlihat tidak kusam. Tetapi, banyak yang tidak tahu," katanya kepada VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Hal pertama yakni parkir di tempat terbuka yang terpapar teriknya sinar Matahari. Sinar ultraviolet Matahari bisa dengan mudah merusak cat mobil, terutama bila cat tidak dilindungi dengan pelapis khusus.

Kedua adalah segera bersihkan kotoran burung yang menempel pada cat mobil. Sebab, kata dia, kotoran burung mengandung zat asam. Zat asam itu dapat mengoksidasi cat dan bodi mobil, sehingga muncul karat.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Apabila mobil terkena hujan, harus segera dibersihkan. Hal ini menghindari bercak air yang kering akibat sinar Matahari. Bercak yang tercampur dengan debu bisa membuat cat mudah kusam,” tuturnya.

Yang terakhir, diungkapkan Iwan, yakni mobil sebaiknya jangan dilap saat kondisi kotor. Banyak pemilik memilih cara cepat, yakni membasahi lap dengan air dan kemudian mengusapkannya ke bodi mobil.

Hal itu bisa membuat cat tergores, akibat masih ada debu dan kotoran yang menempel pada lap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya