Kenapa Ban Motor yang Gundul Tengah Dulu

Ban sepeda motor gundul tengah dulu.
Sumber :
  • masshar2000.com

VIVA.co.id – Terkadang heran jika melihat ban motor saat sudah botak, sisi pinggir ban tidak habis. Tentu ini berbeda dengan mobil, jika ban sudah habis pasti sisi luar dan dalamnya rata.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kenapa demikian?

Marketing Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, Dodi Yanto, produsen ban sepeda motor IRC, mengatakan, sepeda motor berbeda dengan mobil. Kata dia, ban motor memiliki area kontak di tengah.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Sedangkan area kontak mobil dari pinggir sampai pinggir lagi," ujar Dodi saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 16 Januari 2017.

Ia menuturkan, kenapa kontak area ban motor cuma ada di tengah, karena motor itu butuh keseimbangan. "Jika area kontaknya semakin lebar, motor akan terasa berat dan konsumsi bahan bakar akan boros," tuturnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Terkecuali untuk motor yang memiliki roda tiga, bajaj atau bemo, pasti tak butuh keseimbangan, dan bannya pun habis rata dari kiri sampai kanan.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022