Cara Mudah Bedakan Mercy Bekas Taksi

Mercedes-Benz bekas taksi Blue Bird.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Membeli mobil bekas taksi kerap dilakukan sebagian kalangan masyarakat. Alasannya sederhana, yaitu karena memiliki harga cukup terjangkau dan juga tidak repot saat pengurusan pajak. Namun masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membedakan mobil bekas taksi, khususnya untuk tipe Mercedes-Benz yang dijual oleh Blue Bird.

Gak Mungkin Mobil Bekas Ini Paling Laku di Indonesia, Kok Bisa?

General Manager Used Car Division, Hery Sugiarto mengatakan, salah satu ciri utama yang harus diperhatikan ketika membedakan mobil bekas taksi atau bukan yaitu terdapat pada tipe mobilnya. 

"Iya, untuk Mercy misalnya, tipe yang kita jual biasanya ada tulisan E200 Compressor di bagian buritan belakangnya, dan itu tidak beredar di luar selain bekas taksi," kata Hery saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Mobil Bekas Kini Bisa Dipesan Sesuai Keinginan

Selain itu, karena tipe yang dijual itu sudah berusia cukup lama, penyematan lampu mobil yang masih bundar juga menjadikan satu ciri selanjutnya. "Karena kan kita belinya semua tahun 2009 dan 2010, itu semua model E200 Compressor kita yang beli. Terkecuali model tahun 2006 atau 2007 terakhir, itu masih pemilik mobil pribadi yang beli. Tapi setelah itu punya Blue Bird," tambahnya.

Jika cara itu masih kurang jelas, Anda juga bisa melihat pajak yang dikenakan mobil. Biasanya, pajak mobil bekas taksi cenderung lebih murah. "Nama STNK-nya juga masih perusahaan," tutur dia.

Platform Jual Mobil Online Semakin Canggih

STNK Mercedes-Benz bekas taksi.

STNK Mercy bekas taksi. Foto: VIVA.co.id/Yasin Fadilah

Paket aksesori

Karena digunakan menjadi armada taksi, banyak masyarakat yang menilai membeli mobil bekas taksi banyak kerugiannya. Salah satunya yakni tampilan yang terlalu standar, bahkan dianggap tak maksimal dibandingkan dengan versi aslinya. Selain itu, penyematan fitur juga tak komplet.

"Tenang, ada paket modifikasi untuk Mercedes-Benz E200. Itu kita siapkan berupa tambahan pelek, grille juga bisa diubah lebih maksimal lagi," kata Hery.

Untuk menambahkan paket aksesori, akan ada biaya tambahan yang sesuai dengan jenisnya. "Beda lagi, kalau pelek itu misalkan mau pakai yang bukan AMG, ada beragam harganya, mulai Rp15 – 18 juta."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya