Kaca Mobil Tiba-tiba Tidak Bisa Dibuka, Apa yang Rusak?

Ilustrasi jendela kaca mobil
Sumber :

VIVA.co.id – Hal yang paling memalukan ketika kaca pintu pengemudi tidak bisa terbuka saat ingin membayar tol atau membayar parkir di mal. Sebab mau tak mau Anda tentu harus membuka pintu.

Kaca Mobil Bisa Pecah Mendadak, Ini Penyebabnya

Nah, agar kejadian itu tidak terulang, Anda tentu harus tahu beberapa penyebab jendela kaca mobil tak bisa dibuka. Hal pertama yang harus Anda lakukan tentu harus memastikan tombol lock power window tidak aktif.

Jika masalah bukan pada lock power window, jendela kaca yang tak bisa dibuka bisa karena disebabkan dinamo atau motor power window yang memang rusak. Namun Anda tidak boleh buru-buru memvonis masalah itu dari dinamonya.

Terlalu Sering Poles Kaca Mobil Bisa Berdampak Negatif

Menurut, Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, penyebab kaca pintu pengemudi tidak bisa dibuka atau diturunkan tak melulu karena dinamo rusak. "Yang penting dilihat terlebih dahulu penyebab kerusakannya," katanya kepada VIVA.co.id.

Sambung dia, terkecuali memang sebelumnya ada tanda yang diawali dari bukaan seret dan ada bunyi-bunyi. Kalau sudah begitu hampir dipastikan dinamo power window memang yang bermasalah.

Begini Cara Buka Kaca Mobil yang Benar agar Irit BBM

Tapi terkadang kaca tiba-tiba macet padahal tak ada gejala seperti di atas. Awalnya normal tiba-tiba kaca tak bisa dibuka. Jika hal itu terjadi, kemungkinan besar sekringnya yang bermasalah.

"Kalau semua kaca tidak bisa dibuka dan terjadi tanpa ada tanda-tanda, itu bisa disebabkan dari rangkaian kelistrikannya jadi sekring power window-nya putus," katanya.

Ia menambahkan, jendela kaca mobil tak bisa diturunkan juga bisa karena hanya kurang pelumas pada pada bagian mekanikalnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya