Tips Sebelum Beli Ban, Perhatikan Hal Sederhana Ini

Penggunaan pelek yang tak sesuai standar bisa membuat ABS tak bekerja maksimal. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Carwheel

VIVA.co.id – Setiap mobil mempunyai ukuran ban berbeda-beda. Ini karena ukuran pelek, suspensi, dan teknologi sudah disesuaikan dengan jenis mobil itu sendiri.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sebab itu, jika ingin mengganti ban, perhatikan terlebih dahulu jenis kendaraannya. Usahakan mengikuti rekomendasi pabrikan agar tidak melupakan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Performance Development Plan Segment Manager PT Michelin Indonesia Refil Hidayat mengatakan, desain mobil sudah sesuai dengan kegunaannya, pun dengan ukuran ban sudah diatur semestinya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Paling umum salah itu ganti pelek,” kata Refil.

Biasanya pemilik akan mengganti pelek yang lebih besar agar terlihat lebih manis. Misalnya, ukuran pelek asli  15 inci, lalu dinaikkan jadi 17 inci. Padahal total diameter roda itu sudah diatur sesuai keamanan dan kenyamanan. Kalau pun ada penambahan tak lebih dari toleransi 2-3 persen.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

“Lebih dari itu ada sangat berisiko," ujarnya.

Ia mengatakan, ukuran ban juga sudah disesuaikan dengan teknologi kendaraan. Untuk mobil yang menggunakan anti-lock braking system jika total diameter pelek dan ban melebihi kapasitas, tentu sistem pembaca ABS akan kacau, sehingga fungsi ABS tak maksimal. (ms)
 

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022