Tips Rawat Ban Serep Agar Tak Kedaluwarsa

Ban serep atau cadangan mobil
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry

VIVA.co.id – Tak bisa dimungkiri bahwa masih banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan keberadaan ban serep atau cadangan. Padahal ban serep memiliki peran penting bila kondisi pengendara dalam situasi darurat. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Instruktur Safety Riding dari Michelin Safety Academy, Anondo Eko mengatakan, meski memiliki fungsi sebagai cadangan, namun ban serep harus terus diperiksa agar selalu dalam kondisi siap pakai. Maka itu, dia menyarankan agar ban serep juga harus digunakan atau dirotasi meski tidak dalam kondisi darurat. 

"Ban cadangan harus ikut dirotasi atau dipakai, agar ban cadangan tidak kedaluwarsa," kata dia kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Senin, 16 Januari 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Anondo menjelaskan, dengan dirotasi atau digunakannya ban cadangan, maka hal itu bisa menambah jangka waktu penggantian ban baru. "Ban cadangan yang tidak pernah dipakai memang akan tetap utuh, namun ada masa kedaluwarsanya, dan tentu ban yang melewati masa kedaluwarsa akan berbahaya jika dipakai."

Pemilik kendaraan juga disarankan untuk selalu memeriksa kondisi tekanan angin pada ban cadangan. Biasanya tekanan angin akan berkurang dalam waktu tertentu. Untuk itu pastikan pemilik menambah tekanan angin 2-4 psi lebih banyak dari ukuran standar, agar ban dapat langsung digunakan saat kondisi darurat. 

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Dalam hal ini jangan sepelekan tutup pentil, karena jika tidak ditutup maka kotoran yang ada dapat masuk dan terjepit di seal karet pentil, saat proses penambahan angin. Sehingga angin dapat merembes keluar atau bocor dengan halus," katanya. (ms)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022