Bahaya Tambal Ban Tubeless Tinggal Colok

Tambal ban tubeless
Sumber :
  • montirgw.com

VIVA.co.id – Bagi pengguna ban tubeless tentu lebih simpel saat bocor. Sebab, saat menambal hanya perlu menggunakan tire repair kit, semua sudah beres.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Ya, alat ini dapat menambal ban cukup mencolokkan besi yang sudah diberikan lem pada bagian yang bolong. Itu saja. Simpel.

Jadi tanpa perlu melakukan bongkar pasang, seperti halnya pada ban yang masih menggunakan ban dalam. Dan tire repair kit ini juga dijual murah. Anda juga sudah tidak memerlukan tenaga tambal pinggir jalan, karena bisa dilakukan sendiri.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Tapi, apakah tambal ban tubeless seperti ini aman?

Performance Development Plan Segment Manager PT Michelin Indonesia, Refil Hidayat, mengungkapkan ada batasan saat menambal ban tubeless dengan colokan, karena setiap pabrikan memiliki rekomendasi masing-masing.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Jadi misalnya tertusuk paku dengan lubangnya lebih dari 10 mm, Michelin tidak merekomendasikan dengan tambal itu," kata Refil.

Penggunaan tusukan saat menambal ban sangat berbahaya karena bisa membuat kerusakan pada komponen ban. “Jadi lebih baik lepas ban dari velg dan tambal dari dalam,” lanjut dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya