Kenapa Cat Oven pada Mobil Lebih Mahal?

Proses pengecatan ulang mobil
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Tentu sudah menjadi rahasia umum jika pengecatan mobil dengan cat oven lebih mahal dibanding pengecatan biasa. Ternyata hal ini tak lepas dari hasil atau kualitas yang diperoleh jika mobil dicat dengan cara cat oven.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Menurut Tomi Gunawan, owner Tomi Airbrush, kalau cat oven itu menggunakan alat. Kata dia, alat yang digunakan seperti halnya oven untuk kue, jadi dinding ruangan terbuat dari pelat pengantar panas sehingga akan melindungi dan mempercepat proses pengecatan.

"Alat cat oven juga memiliki exhaust untuk menyedot debu yang ada di dalam ruangan, jadi hasilnya lebih bersih tanpa ada debu yang menempel di bodi," ujarnya kepada VIVA.co.id, Selasa 17 Januari 2017.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Kata dia, untuk proses pengeringannya setelah selesai di cat, suhu yang diatur dalam ruangan itu biasanya mencapai 60 derajat celsius dan waktu pengeringan 30-60 menit tergantung bahan cat yang digunakan tentunya.

"Kering dalam tehnik pengecatan itu ada dua. Kalau cat oven untuk proses kering sentuh tangan 30-60 menit, tapi kalau kering bisa atau ditekan agar mobil dapat dipoles standarnya ya 6 jam," tuturnya.

Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cuma Segini

Ia menuturkan, kalau bahan cat yang biasa digunakannya itu jenisnya polymer, pun dengan pernisnya. Karena cat jenis ini mempunyai teknologi protection atau pelindung.

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan, Mitsubishi menghadirkan program September Service Ceria.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2022