Jangan Campur Air Wiper dengan Sabun, Ini Bahayanya

Wiper mobil.
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id – Wiper atau penghapus kaca merupakan alat yang tak terpisahkan pada setiap mobil. Alat ini digunakan untuk membersihkan kaca mobil dari kotoran atau air hujan saat berkendara.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Fungsi wiper yang sangat vital pada kendaraan membuatnya harus sering dirawat. Bagi sebagian orang, mengisi air wiper dengan sabun merupakan salah satu cara agar wiper tidak cepat rusak. Tapi benarkah demikian?

Menurut pemilik bengkel Orange Garage, Octa Bond, mengisi wiper dengan sabun justru tidak dianjurkan. Hal ini karena sabun dapat meninggalkan kerak pada kaca depan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Kalau menggunakan sembarangan sabun itu bisa menyebabkan kaca berkerak halus dan jamur, sehingga tidak dianjurkan menggunakan air sabun," katanya kepada VIVA.co.id.

Octa mengatakan bila pemilik kendaraan sebaiknya menggunakan cairan pembersih khusus yang sudah banyak dijual saat ini. "Paling baik tentu menggunakan cairan dengan brand yang sudah dipercaya oleh pemilik kendaraan," tambahnya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Karena apabila pemilik kendaraan menggunakan air biasa, lanjut Octa, beberapa noda yang menempel pada kaca tidak akan hilang, sehingga dapat mengganggu jarak pandang pengemudi.

"Kalau air biasa, enggak bisa menghilangkan minyak yang menempel di kaca," katanya.

Modifikasi wiper Honda Jazz yang bikin ketawa pengguna jalan

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Viral pengguna Honda Jazz ini jadi bahan tertawaan pengguna jalan gara-gara wiper di kaca belakang tidak dalam posisi yang benar, hal itu terlihat ketika dihidupkan.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2022