Trik Ampuh Bikin Rantai Motor Tak Gampang Putus

Rantai motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Merawat rantai sepeda motor tak kalah pentingnya dengan perawatan komponen lain saat memasuki musim hujan seperti saat ini. Rantai motor rawan korosi atau berkarat bila terlalu sering diacuhkan pemilik kendaraan. Jika sudah demikian, sudah pasti risiko putus di tengah jalan akan terjadi.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ridwan Arifin, memberikan tips sederhana merawat rantai pada sepeda motor saat musim hujan. Pertama, dia menyarankan pemilik untuk memeriksa kekencangan rantai motor secara berkala. Idealnya tiap 1.000 kilometer sekali. Sebab bila rantai kendur membuat akselerasi tunggangan berkurang.

"Periksa kekencangan rantai atau jarak bebasnya diperiksa. Soal kekencangan masing-masing jenis motor berbeda, sesuai buku panduan saja," kata Ridwan kepada VIVA.co.id, di Jakarta Timur.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kedua, pastikan kebersihan rantai sepeda motor, apalagi di saat musim hujan saat ini. Sebab genangan air dan lumpur kerap menempel. Jika lama dibiarkan, bisa membuat karat pada rantai. "Saat musim hujan, kalau bisa sering membersihkan rantai sehabis motor melewati jalan genangan atau ada lumpurnya. Harus dibersihkan dengan cairan khusus rantai motor."

Terakhir, rantai motor juga harus dilumasi secara berkala. Dia menyarankan pemilik menggunakan oli baru untuk memberikan hasil lebih untuk setiap gesekan dan gir motor. "Harus rutin dikasih oli saja sih. Kalau rantai sudah aus yang tandanya bisa dilihat dari jarak bebasnya cepat diganti."

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022