Mau Coba Ngecat Mobil Sendiri? Ini Tipsnya

Dua orang sedang mengecat mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Selama ini cat oven dinilai paling bisa memberi hasil kinclong maksimal. Namun, ternyata tidak. Cara pengecatan tradisional yang bisa dilakukan sendiri pun bisa memberi hasil sesuai harapan, asal prosesnya dilakukan dengan benar.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Seperti apa?

Tomi Gunawan, pemilik Tomi Airbrush, mengungkapkan salah satu cara agar cat tradisional maksimal itu jangan dilakukan pengecatan di luar ruangan. Ini agar debu tidak menempel.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Saya sarankan pelatarannya tetap lantai, jangan tanah. Dan ruangan itu memiliki exhaust agar debu keluar," ujar Tomi kepada VIVA.co.id.

Ia melanjutkan, sebelum melakukan proses cat, usahakan lantai dibersihkan agar debu tidak berterbangan, dan gunakanlah cat yang cepat kering yang mengandung polymer.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Untuk pengeringannya menggunakan lampu dengan daya 1.000-5.000 watt. Jangan terlalu panas karena bisa merusak cat," kata Tomi.

Bagi dia, karena panas yang dihantarkan tidak semaksimal proses oven, jadi untuk tahap pemolesan tunggu hingga satu hari kemudian agar cat benar-benar kering.

(ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya