Penyebab Cat Mobil Timbul Bercak Gelembung

Gelembung cat pada mobil.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Terkadang Anda pasti pernah melihat kasus gelembung udara kecil, atau solvent popping pada bodi mobil, setelah melakukan pengecatan ulang. Wujudnya seperti bintik-bintik. Kondisi itu terjadi, karena campuran pernis dan tiner yang tak tepat.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut Tomi Gunawan, pemilik Tomi Airbrush, di Jakarta, gelembung ini terjadi, karena tiner tak menguap dengan sempurna saat pernis mulai kering, dan hawa panas yang tak merata.

"Sebelum clear coat (pernis), bersihkan terlebih dahulu keseluruhan bagian (bodi) yang mau dipernis sampai benar-benar bersih. Setelah itu, aduk pernis dan campurkan tiner secukupnya," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Jasa cat duco pinggir jalan.

Lanjut dia, jika tiner sudah tercampur dengan pernis, aduk rata dan usahakan busa-busa halus bekas adukan sampai menghilang. Jika sudah, setelah dua, atau tiga menit siap untuk pernis.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Dalam tahap pernis usahakan lapisi bidang yang dikerjakan jangan terlalu tebal, cukup diulangi dua atau tiga lapis sampai terlihat sempurna. Usahakan cat di tempat yang aman dari debu dan minyak," sambungnya. (asp)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022