Banyak Motor Baru Usung Gaya Klasik, Builder Sepi Pesanan?

Motor klasik
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Tren motor custom bergaya klasik atau old school saat ini sedang digandrungi. Nah, untuk membuat motor custom ini dibutuhkan builder sebagai konseptor untuk rancang bangunnya.

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Tapi, pabrikan pun tak tinggal diam melihat fenomena ini, karena melihat potensi pasar yang besar mereka pun menelurkan motor terbaru dengan gaya klasik mulai dari cafe racer, scrambler, boardtracker dan lain-lain.

Nah, apakah cara pabrikan ini akan merugikan para builder karena konsumen sudah tidak perlu repot lagi jika ingin memiliki motor bercita rasa custom klasik.

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

Ariawan, builder Custom Concept Industries, yang biasa merombak Harley, dan motor sport ini mengatakan, modifikasi itu sudah menjadi tren orang Indonesia. Kata dia, semakin banyak pabrikan yang mengeluarkan motor gaya klasik jadi semakin ramai modifikator.

"Karena pada dasarnya. Orang Indonesia itu ada market konsumtif, paling ingin mengubah yang tidak sama dari orang lain. Jadi makin adanya konsep-konsep klasik akan bikin kita semakin sangat ramai," ujarnya kepada VIVA.co.id, Rabu 18 Januari 2017.

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

Sementara, Teja, builder Imagineering Custom, yang terkenal dengan custom bergaya bagger dan low rider ini pun ikut dapat keuntungan dengan fenomena ini. Menurutnya, untuk para builder ada sisi positifnya.

"Seperti saya mulai banyak terima orderan custom motor aliran cafe racer dan scrambler itu dimulai tahun lalu. Terutama dari ATPM motor Indian dan Victory, di tambah akhir-akhir ini masuk segmen motor Jepang 250cc," ujarnya.

Menurutnya, dengan kata lain market segmen bertambah luas sekarang, customer yang ada juga jadi bervariasi dari penggemar mesin V twin sampai ke motor jepangan cc kecil semuanya menyukai custom.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya