TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kendaraan Perang Amfibi Buatan Indonesia Siap Diproduksi

PT Pindad akan bekerja sama dengan Tata Motors.
Kendaraan Perang Amfibi Buatan Indonesia Siap Diproduksi
Ilustrasi. Kendaraan amfibi Landing Craft Air Cushion LCAC Marinir AS (ANTARA FOTO/Sertu Mar Kuwadi)

VIVA.co.id – Produsen mobil asal India, Tata Motors, melakukan kerja sama dengan PT Pindad, pembuat alat dan kendaraan perang militer Indonesia. Keduanya sudah menandatangani Memorandum of Understanding dan sepakat akan melakukan produksi kendaraan perang untuk TNI. Indonesia nantinya akan menjadi negara basis produksinya.

Menurut Presiden Direktur PT Tata Motors Distribusi Indonesia Biswadev Sengupta, pihaknya bersama PT Pindad akan menciptakan kendaraan perang jenis amfibi yang bisa berjalan di darat dan di atas air. "Ini kendaraan yang kompleks dan cocok untuk menjadi kendaraan tentara. Berapa banyaknya (jumlah produksi), saya belum bisa katakan, tetapi kami sudah menandatangani MOU," ujarnya di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Kata dia, kendaraan amfibi ini diciptakan karena sesuai dengan permintaan. "Saat ini kami memang belum bisa katakan seberapa banyak, tapi kami sedang memfokuskan terlebih dahulu mengenai persiapan produksi," tutur dia lagi.

Biswadev berharap proses produksi kendaraan militer itu akan secepatnya dilakukan. Kata dia, kemungkinan dalam 10 bulan ke depan akan siap, artinya sekira Oktober-November 2017 mendatang. "Kami mentransfer teknologi, tergantung demand dan fasilitas. Karena tidak mungkin kami mengirimnya dari India, oleh sebab itu kami coba membuatnya di Indonesia," tutur dia.

Kendaraan militer yang akan diproduksinya ini bukan hanya untuk TNI saja. Selain untuk kebutuhan TNI, kendaraan tempur tersebut juga akan dipasarkan di sejumlah negara tetangga. (hd)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP