Pemilik Motor Lawas, Deteksi Penyebab Oli Rembes 

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Salah satu masalah yang kerap dialami para pemilik sepeda motor berusia uzur adalah oli yang merembes dari bawah blok mesin. Jika dibiarkan oli akan habis, padahal oli berperan penting bagi mesin kendaraan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Ferry mengungkapkan, ada beberapa faktor penyebab oli merembes keluar dari blok mesin. Salah satunya adalah seal, atau packing yang sudah rusak, lantaran lamanya usia pemakaian kendaraan.

"Biasanya, seal bermasalah, atau pun rusak karena faktor usia atau cacat produksi," kata Ferry kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis 19 Januari 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Lalu, menurutnya, oli merembes keluar dari blok mesin juga bisa disebabkan oleh benturan yang terjadi pada mesin sehingga menyebabkan retak, atau bergesernya posisi sambungan mesin.

Menurut dia, bergesernya posisi sambungan mesin bisa juga, lantaran mesin tidak dirakit sempurna. "Torsi pengencangan baut tidak sesuai, sehingga pemasangan packing dan seal tidak pas," ujarnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Tak hanya itu pula, rembesan oli pada mesin disebabkan, lantaran para pemilik motor mengisi oli mesin melebihi kapasitas yang ditentukan. Dia mencontohkan, mesin motor yang membutuhkan oli sebanyak 0,8 liter, malah diisi satu liter.

"Kalau melebihi kapasitas enggak bagus, tekanan bisa berlebih pada seal. Kalau seal dan atau packing sudah rusak, tinggal ganti saja seal dan packing, paling biayanya sekitar Rp50 ribu-Rp100 ribu, tergantung jenis motor," katanya. (asp)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022