Biaya Pasang Mud-Guard, Aksesori Motor Anticiprat Air

Mud-guard pada sepeda motor sport.
Sumber :
  • Tokopedia

VIVA.co.id – Musim hujan memang selalu menjadi momok bagi pengendara sepeda motor. Sebab, dalam kondisi itu biasanya pemilik kendaraan roda dua kerap direpotkan, utamanya para pemilik motor sport. Ketika berkendara pada kondisi hujan atau melewati genangan air, apalagi dengan laju yang cukup tinggi, maka dipastikan cipratan air bisa naik sampai ke jok motor. Bahkan sampai punggung pengendara.

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

Penggawa Hollywood Motorsport, Jonathan, di Jakarta Timur, mengungkapkan, pemilik motor sport umumnya memang melepas spakbor belakang motor. Langkah itu dilakukan agar kendaraan terlihat lebih trendi dan sporty, padahal hal itu tidak disarankan.

"Ngerepotin kalau sepatbor belakang bawaan pabrik dicopot, karena air bisa ciprat ke pengendara bahkan pemotor yang di belakang juga bisa kena cipratan," kata Jonathan kepada VIVA.co.id, di Jalan Otista, Jakarta Timur.

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

Dia mengatakan, pemilik motor sport sebenarnya bisa membenamkan variasi mud-guard pada kendaraannya. Penyematan aksesori itu selain berguna, juga dapat mendongkrak penampilan lebih menarik di belakang motor. "Mud-guard itu penghalang air agar enggak ciprat ke mana-mana. Buat motor sport, (mud-guard) kami jual bahannya yang terbuat dari plastik, tapi dijamin enggak mudah patah," ujarnya.

Akeseori mud-guard ini juga bukan hanya ditujukan untuk pemilik motor sport saja, namun juga jenis motor lainnya tersedia. Hanya saja, motor semisal di segmen skuter matik hanya berbahan karet tambahan yang dipasang pada sepatbor belakang.

Modifikasi Motor Baru, Catat Hal-hal Ini Agar Garansi Tak Gugur

"Ada juga seperti karet begitu untuk menambah spakbor standar yang kurang mumpuni saat hujan. Untuk mud-guard yang buat motor sport, harganya sekira Rp200 ribu, motor biasa seperti matik harganya Rp100 ribu karena bahannya karet," kata dia. (ase)

Harley-Davidson Trike garapan bengkel asal Ciputat

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Harley-Davidson dengan roda tiga ini menjadi yang terbaik pada ajang Kustomfest 2023 yang berlangsung di Yogyakarta. Motor tersebu digarap bengkel asal Ciputat, Tanngsel.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023