Menggoyang Kendaraan Saat Isi Bensin, Tak Ada Efeknya

Pengisian bahan bakar di SPBU Pertamina.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Anda pasti pernah melihat supir yang kerap menggoyang-goyangkan angkot atau mobil yang sedang diisi bensin. Tak hanya pengendara mobil, pengendara motor juga kerap melakukan hal serupa.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Buat apa sebenarnya menggoyang mobil atau motor saat isi bahan bakar?

Kebanyakan dari mereka menganggap menggoyangkan kendaraan agar bensin dapat masuk ke seluruh ruang tanpa ada celah. Ada juga yang menganggap agar bensin dapat terisi penuh. Lantas apakah tindakan tersebut benar?

Pengendara Motor Akrobat Depan Kantor Polisi, Endingnya Sesuai Harapan Netizen

General Manager Technical Service Division PT Toyota Astra Motor Iwan Aburrahman mengatakan, mengguncang-guncangkan kendaraan saat isi bahan bakar di pom bensin merupakan kegiatan yang sia-sia alias tidak ada gunanya.

"Ini cuma bikin capai, untungnya sedikit. Enggak penting sih," kata Iwan kepada VIVA.co.id di Jakarta, Jumat 20 Januari 2017.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Iwan menyebut bahwa saat ini mobil sudah dilengkapi dengan sistem ventilasi pada lubang pengisian bahan bakarnya. Hal itu memungkinkan udara yang ada di dalam tangki akan keluar dengan sendirinya seiring dimasukannya bahan bakar.

"Tergantung desain tangkinya seberapa banyak rongga udara di area atas tangki. Kalau tangki bagian atasnya sudah relatif flat," ujar dia. "Jadi buat apa digoyang?"
 

Toyota Innova Zenix Hybrid tidak kuat menanjak di Dieng

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Dalam video yang diunggah terlihat Innova Zenix Hybrid berkelir hitam itu berupaya melewati tanjakan di kawasan Dieng, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024