Mewahnya Sedan Rolls Royce yang Dipakai untuk Sogokan

Rolls-Royce Silver Spirit 1999
Sumber :
  • partsopen.com

VIVA.co.id – Rolls Royce tengah terbelit skandal suap di sejumlah negara. Praktik suap itu bertujuan membuat maskapai-maskapai internasional, termasuk Garuda Indonesia, agar membeli mesin jet mereka.

Pejabat RI Terkaya Versi LHKPN Koleksi Mobil Mewahnya Bikin Ngiler, Rolls-Royce hingga Bentley

Pada saat yang bersamaan, mantan Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, tersandung kasus korupsi jual-beli mesin jet pesawat Airbus A330 dengan kode Trent 700 rakitan Rolls-Royce. 

Menurut stasiun berita BBC, pabrikan mesin jet dan mobil mewah asal Inggris ini mengaku memberi pelicin bagi perantara yang membantu penjualan mesin jet mereka ke Garuda Indonesia dengan uang US$2,2 juta, atau setara Rp26 miliar, dan mobil mewah Rolls-Royce tipe Silver Spirit.

Mobil MPV Baru Ini Disebut Senyaman Rolls-Royce

Nah, seperti apa mewahnya sedan Rolls-Royce semewah itu?

Sedan luxury empat pintu ini dilahirkan di Crewe, Inggris, dan melakukan debut pertama pada 1980 sebagai model pertama dari Rolls-Royce seri SZ. Model ini terkahir diproduksi pada 1999 lalu.

Harga Rolls-Royce Harvey Moeis dan Sandra Dewi yang Disita Kejagung Bikin Pemilik Gaji UMR Kaget

Nah, pabrikan berlogo RR ini memang cukup banyak menelurkan seri Silver yang menjadi generasi selanjutnya. Mulai dari Silver Shadow, Cloud, Ghost, hingga Wraith.

Namun, kalau dari sektor eksterior, model Silver Spirit yang paling mewah dengan grill yang dilumuri aksen krom dan wheelbase paling panjang di kelasnya. Jadi otomatis ruang penumpang dan kabin lebih luas.

Urusan dapur pacu, RR Spirit ini menggendong mesin dari platfom yang sama dari Shadow degan konfigurasi V8 berkapasitas 6.750 cc yang didukung transmisi otomatis empat-percepatan.

Untuk menyesuaikan tenaga, sektor kaki-kaki sangat diperhatikan. Sebab, bagi orang high class pasti menginginkan kenyamanan. Maka dibekali suspensi self-leveling menggunakan sistem girling hidrolik otomatis dan peredam kejut gas.

Karena sedan luxury saloon ini terakhir keluar pada 1999 silam, harganya pun tidak terbilang selangit. Harga bekas saat ini US$38 ribu atau setara Rp508,2 juta jika di Amerika Serikat. Tapi, kalau sudah masuk Indonesia dan ditambah dengan harga dari nilai sejarahnya, diperkirakan bisa lebih dari Rp2 miliar. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya