Dua Sebab AC Mobil Tak Dingin

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA.co.id – AC merupakan salah satu fitur penting bagi sebuah mobil. Sebab keberadaan AC dapat membantu kenyamanan berkendara saat cuaca panas. Maka itu, karena selalu digunakan tiap saat, perawatan secara berkala sangatlah penting untuk dilakukan, agar komponen pendingin di dalam mobil itu dapat selalu berada dalam kondisi prima. 

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Kendati demikian, banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan perawatan AC. Alhasil komponen yang kerap menjadi penyelamat saat panas ini mulai bermasalah, hingga kemudian menjadi rusak. Sebelum AC mengalami kerusakan yang makin parah, sebaiknya perlu diketahui beberapa penyebabnya.

Product Manager PT Cipta Gemilang Mobil atau Coolkars sebagai jaringan servis AC Denso di Tangerang, Susanto mengatakan, pada dasarnya kerusakan pendingin mobil terjadi karena sejumlah hal. 

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

"Pertama adalah karena membiasakan membuka jendela pada saat AC menyala. Karena itu kan akan memengaruhi kinerja kompresor terus menerus dan tanpa cut off-cut on, dan itu akan menyebabkan sistemasi mobil akan cepat rusak. Sebaiknya saat membuka kaca, AC dimatikan," katanya di Tangerang, Senin, 23 Januari 2017.

Kedua, sambung Susanto, merokok di dalam kendaraan ketika AC menyala juga akan membuatnya semakin cepat rusak. "Karena asap rokok itu akan menempel di evaporator, jadinya membuat komponen AC rusak." 

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Pencegahan 

Jika tidak ingin semakin parah kerusakannya, Susanto menuturkan agar tidak melakukan hal yang tidak diperkenankan pada saat AC menyala. "Dua hal itu tidak boleh dilanggar, terus segera bawa ke bengkel kalau ada tetesan air yang keluar dari selang atau kisi-kisi AC," katanya.

Ketika mobil sudah terasa tak dingin dan angin AC sudah mulai mengecil, dia juga meminta agar pemilik kendaraan segera melakukan pemeriksaan ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. "Kalau anginnya mengecil, yang tadinya pakai satu, ini harus tiga nyalakan AC-nya, nah itu segera dicek. Karena pasti ada kerusakan dari sisi filter yang kotor, atau water blower-nya yang sudah tidak normal," tuturnya. 

Salah satu tips ampuh lainnya dalam hal perawatan AC mobil, yakni kerap lakukan perawatan berkala dan hindari pemakaian suku cadang palsu, karena akan pengaruh ke banyak hal, termasuk usia pakai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya