Berapa Kilometer Masa Inreyen Sepeda Motor Baru?

Yamaha R25.
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Rendra Saputra

VIVA.co.id – Sebagian pengendara sepeda motor tentu tak asing dengan istilah inreyen atau biasa disebut masa break-in. Umumnya cara itu dilakukan para pemilik motor baru. Lantas seberapa penting masa inreyen motor baru? Mengingat banyak pemilik motor baru yang mungkin belum mengetahui fungsi dari inreyen.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Zahid mengungkapkan, inreyen pada motor baru harus dilakukan pada jarak 500 kilometer pertama. "Sebenarnya hal itu sudah ada di buku petunjuk pemakaian motor saat kita membeli motor baru. Tujuan (inreyen) menyesuaikan kondisi komponen," kata Zahid kepada VIVA.co.id.

Zahid menjelaskan, selama masa inreyen, sepeda motor harus diperlakukan dengan cara yang benar. Yakni motor baru jangan langsung digeber atau digas secara penuh. Alasannya komponen motor masih terbilang baru. "Enggak boleh full throttle. Biar komponen bisa berputar dahulu. Disarankan motor baru, setengah putaran saja," ungkap dia.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Selain itu, selama masa inreyen segera lakukan penggantian oli pada 1.000 kilometer pertama. Hal itu diperlukan agar sisa partikel hasil gesekan antar-komponen langsung dibuang dan diganti dengan pelumas baru.

"Ganti oli di 1.000 kilometer, alasannya motor baru dari pabrik pasti ada sisa gram-gram atau kotoran. Makanya di angka 1.000 kilometer masuk bengkel harus ganti oli," katanya. (mus)

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini
Tony Wenas, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia

Smelter Tembaga Terbesar Beroperasi Mei 2024, Freeport Indonesia: Ekspor Dikurangi Bertahap

Progres pembangunan smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur sudah mencapai 81 persen per akhir Oktober 2023.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2023