Beda Mercy E-Class Versi Lokal dan Impor, Wajib Tahu

Perakitan Mercedes-Benz E-Class
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Mercedes-Benz Indonesia secara resmi telah merakit generasi terabru E-Class secara lokal di pabrik mereka yang terletak di Wanaherang, Bogor. Yang menjadi pertanyaan, apa yang membedakan E-Class versi lokal ini dengan barang impornya?

Kronologi Tabrakan Transjakarta Vs Mercedes Benz di Jaksel

Kehadiran sedan pesaing Audi A6 ini semakin memperbanyak jajaran mobil Mercy yang dibuat secara lokal. Terhitung, sudah ada enam model ditambah dengan E-Class yang sudah melakukan perakitan di Indonesia.

Soal perbedaan versi lokal dan impor, Deputy Director Sales Operation and Product Management MBI Kariyanto Hardjosoemarto menjelaskan. Menurutnya, E-Class impor dan lokal tidak ada sama sekali perbedaan yang cukup signifikan.

Mercedes-Benz Punya Sejarah Unik yang Jarang Diketahui Orang

"Tidak banyak, masih mirip-mirip keduanya. Hanya saja, ada sedikit perubahan seperti model E 300, yang tadinya Avantgarde jadi AMG. Tapi secara garis besar semua sama," kata Kariyanto.

Namun, sambung Kariyanto, jika dilihat secara fitur, justru versi lokal memiliki pengembangan yang lebih baik dari model yang selama ini diimpor. "Iya, jadi ada improvement yang lebih bagus sedikit saja secara fitur. Kalau yang versi lokal, itu ada fitur tambahan," katanya.

Kaget Lihat Angka Penjualan Mobil SUV Mewah Ini

Sementara itu, untuk model E 250, Kariyanto menuturkan, untuk perbedaannya terletak hanya pada sisi fitur saja yang diklaim lebih canggih dari model Completely Build Up (CBU).

"Soalnya, di mobil E250 yang lokal ya, itu sudah dilengkapi dengan wide screen cocpit yang tidak dimiliki E 250 versi impor, jadi lebih canggih," katanya.

Untuk masalah mesin dan juga bahan bakar, Kariyanto mengungkapkan, semua model sama, tidak ada yang diubah sedikitpun. "Mirorless sama, dan untuk mesin juga masih sama. Termasuk bahan bakar yang dianut ya, masih euro sama juga dan sudah disesuaikan dengan yang disini," tuturnya.

Sementara itu, untuk dapur pacunya, kedua model E-Class rakitan lokal ini sama-sama mengusung mesin 4 silinder 1.991cc dengan transmisi otomatis 9G-TRONIC sembilan percepatan.

Mesin yang ditanam pada Model E 300 AMG diklaim mampu menghasilkan 245 dk, dengan torsi 370 Nm. Sedangkan, untuk model E 250 Avantgarde diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 211 dk dengan torsi maksimum 350 Nm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya