TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Pemerintah Bikin Mobil Pedesaan, Gaikindo Tak Ikut Campur

Mobil pedesaan dianggap bukan jenis yang diproduksi secara massal.
Pemerintah Bikin Mobil Pedesaan, Gaikindo Tak Ikut Campur
Mobil pedesaan yang pernah dipamerkan di IIMS 2010 lalu. (Gustomobil)

VIVA.co.id – Rencana Kementerian Perindustrian untuk menghadirkan mobil pedesaan yang dikhususkan memfasilitasi masyarakat menengah ke bawah, hingga kini terus dikembangkan. Jadwal peluncurannya tak lama lagi akan dilakukan.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, sampai saat ini proses pengembangannya masih dalam tahap pembuatan purwarupa.

"Untuk model pedesaan, purwarupanya sudah jalan 100 ribu kilometer. Tapi, ada pengembangan desain lagi," kata Arilangga beberapa waktu lalu.

Terkait hal tersebut, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia mengatakan, mereka tak terlibat dalam proyek mobil pedesaan tersebut.

Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara mengungkapkan, proyek mobil pedesaan bukan jenis kendaraan yang diproduksi secara massal.

"Ini semacam kebijakan tersendiri, dan ini hanya upaya untuk penuhi kebutuhan angkutan di desa atau di daerah-daerah. Jadi, ini bukan produksi massal," kata Kukuh di Jakarta.

Dia mengaku belum bisa menilai, apakah mobil yang dikembangkan Kemenperin itu akan memengaruhi industri pabrikan yang memproduksi mobil komersial. Alasannya, proyek mobil pedesaan juga sampai saat ini masih belum jelas.

"Yang jelas, kami tidak tahu berapa produksinya dan tidak tahu sistem yang ada dalam mobil tersebut. Karena, belum ada studinya, Kami juga enggak tahu apakah itu akan berlanjut," ujarnya menambahkan. (mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP