Tips Memilih Asuransi Mobil, Wajib Tahu

Ilustrasi Asuransi Mobil
Sumber :
  • duitpintar.com

VIVA.co.id – Saat mencoba untuk mencari dan menemukan sebuah perusahaan asuransi terbaik, terkadang pemilik kendaraan dihadapkan pada sejumlah pemikiran bahwa hampir semua perusahaan asuransi memberikan layanan yang sama (standar) bagi para nasabahnya.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Namun, ternyata tak semuanya sama, ada beberapa hal yang memang menjadi indikator khusus untuk bisa menjadi perusahaan asuransi yang baik dan menguntungkan. Lantas, bagaimana cara memilih asuransi kendaraan yang tepat?

Menjawab hal itu, Product Management Department Head Adira Insurance, Abdul Aziz, mengatakan, dalam memilih asuransi yang tepat, ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan. Pertama, perhatikan jaminan asuransi yang dibutuhkan.

Mobil Kebanjiran Jangan Asal Klaim Asuransi

"Misalkan, jaminan total loss atau jaminan comprehensive. Apakah perlu jaminan perluasan banjir, gempa bumi atau bencana lain, sesuai dengan daerah masing masing. Apakah perlu perluasan jaminan tanggung jawab hukum pihak ketiga, misal di Jakarta sering kali terjadi tabrakan beruntun, maka jaminan ini akan bermanfaat," katanya kepada VIVA.co.id, Jumat 27 Januari 2017.

Kedua, sambung Aziz, yang harus diperhitungkan saat memilih asuransi untuk kendaraan yaitu dari persyaratan dalam polis yang diberikan tiap perusahaan. "Itu juga termasuk persyaratan dan tata cara klaim, harus pastikan juga bahwa sejumlah uang yang dibayarkan, memang telah sesuai dan patut untuk mereka terima sesuai pelayanan," ujarnya.  

Jangan Asal Ngotot, Ini Alasan Asuransi Kendaraan Tolak Klaim

Artinya, pemilik tentu akan mendapatkan layanan yang sesuai dan pantas atas pembayaran yang akan dilakukan. "Pastikan juga bahwa perusahaan asuransi yang digunakan, selama beberapa tahun ke belakang tidak mengalami sejumlah masalah keuangan," tambahnya.

Terakhir, kata Aziz, pastikan juga reputasi perusahaan asuransi yang akan dipilih memiliki rating yang baik untuk menjamin keberadaannya. "Termasuk keberadaan call center dan jaringan bengkel, pastikan semuanya ada dan sesuai dengan apa yang diharapkan," katanya. (one)

Asuransi mobil.

Klaim Asuransi Kendaraan Saat Ini Tidak Lagi Ribet

Klaim asuransi kendaraan seringkali memiliki sistem yang rumit tetapi hal ini berbeda dengan Tap Insure. Dimana, perusahaan ini memberikan jaminan kemudahan klaim asurans

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2023