TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Soal Mobil Penantang Avanza, Ini Kata Mitsubishi

XM Concept ialah mobil MPV yang akan diproduksi dalam jumlah banyak.
Soal Mobil Penantang Avanza, Ini Kata Mitsubishi
Mitsubishi XM Concept. (VIVA.co.id/Jeffry Yanto)

VIVA.co.id – Mitsubishi Indonesia berencana bakal memproduksi model Multi Purpose Vehicle (MPV) anyarnya yang telah lama dinantikan publik pada 2017 ini. Meski sudah memiliki prototipe, yaitu XM Concept, tapi Mitsubishi sejauh ini belum menentukan kapan waktu yang tepat untuk memproduksi mobil 'sejuta umat' penantang Toyota Avanza itu secara massal.

Perkenalan perdana edisi produksi sedianya akan dilakukan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, mendatang.

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian,Hisashi Ishimaki mengatakan, kemungkinan produksi massal mobil barunya akan dilakukan pada Oktober 2017 mendatang. "Betul, nanti kita akan produksi XM, itu pada bulan Oktober nanti," katanya, di Bekasi, Jawa Barat, Senin, 30 Januari 2017.

Sementara untuk final trial produksi, Mitsubishi akan melakukan sebulan sebelumnya. "Nah, jadi sebelum produksi massal, nanti di bulan September yang akan datang kita akan final trial produksinya," ujarnya. 

XM Concept memang merupakan salah satu mobil yang tahun ini banyak dinantikan publik. Sebab, selain diprediksi dapat sentuhan yang cukup ciamik pada bagian interior dan eksteriornya, harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif. XM Concept merupakan mobil yang diklaim memiliki desain crossover MPV yang disesuaikan untuk kebutuhan keluarga besar dengan bodi yang lebar dan "lay out" yang dioptimalkan. 

Ilham Iranda Syahputra, Head Of MMC Sales dan Marketing Region III Department PT KTB, sebelumnya menuturkan, XM Concept akan diposisikan di segmen mobil keluarga. Ia mengatakan, harga yang akan dibanderol untuk XM akan setara dengan harga jual Avanza. "Kita bermain di segmen kompetitor, berarti kita bermain di harga itu, Insya Allah pada senang," katanya.

Small MPV milik Mitsubishi rencananya akan diproduksi hingga mencapai 80 ribu unit per tahun. Mobil yang hanya diproduksi di Indonesia itu, 20 ribu unit di antaranya akan diekspor dan 60 ribu unit lainnya dipasarkan di Indonesia. Mobil itu akan diproduksi di pabrik baru mereka di Greenland International Industrial Center (GIIC) Deltamas, Bekasi.

Mitsubishi memang tampak serius untuk coba menancapkan kuku bisnisnya kuat-kuat di pasar roda empat Tanah Air. Sebagai keseriusan, pabrikan berlogo tiga berlian itu mengucurkan investasi sekira US$600 juta untuk pembangunan pabrik tersebut. (mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP