Apa Bedanya Mobil SUV, MPV, City Car, dan Hatchback

Mobil SUV Daihatsu Terios.
Sumber :
  • FOTO: VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Saat ini, mobil terdiri dari berbagai macam jenis. Ada istilah-istilah baru untuk menamai tipe, atau jenis mobil tersebut. Di antaranya adalah Sport Utility Vehicle, Multi Purpose Vehicle, hatchback, serta city car.

8 Mobil Baru 2023 di Bawah Rp200 Juta

Sebagian dari Anda, tentu tidak mengetahui apa maksud dengan istilah-istilah itu dan apa bedanya? Berikut, seperti dilansir dari situs Daihatsu, Selasa, 31 Januari 2017:

SUV

Mobil Mirip Alphard Ini Dijual Cuma Rp84 Juta, Sudah Ada di Diler

Mobil jenis SUV, menurut fungsinya mampu melewati berbagai medan, baik itu off-road maupun on-road. SUV bisa saja didesain untuk membawa muatan barang, atau penumpang. Mobil ini dituntut tangguh untuk mampu melampaui segala jenis medan. Kapasitas bagasinya cukup luas, dan bisa menampung cukup banyak penumpang, bisa tujuh, atau delapan orang. Satu keunggulan lainnya, SUV juga nyaman untuk dikendarai.

SUV merupakan gabungan Jeep, pikap dan sedan. Desainnya memiliki ground clearance (jarak bodi mobil ke tanah) yang tinggi, fitur yang lengkap, suspensi yang kokoh namun lembut, eksterior-interior yang terlihat tangguh dan elegan, ukuran ban dan bodinya pun besar, serta memiliki mesin yang bertenaga besar untuk memudahkan mobil ini melewati segala medan.

Suzuki Ignis Masih Dilirik di Tengah Gempuran Pasar Mobil SUV

Contoh mobil berjenis SUV adalah Terios, Rush, Fortuner, Pajero, dan sebagainya.

MPV

Mobil jenis ini memiliki fungsi utama mengangkut banyak penumpang, atau di Indonesia biasa disebut mobil keluarga. Kelebihan mobil ini, ukurannya lebih besar dibandingkan dengan mobil sedan.

Selain itu, mobil jenis ini memiliki kapasitas tujuh tempat duduk, ditambah terdapat banyak tempat untuk meletakkan barang-barang kecil. Namanya multi, mobil ini bisa juga digunakan untuk membawa barang dengan cara melipat beberapa jok yang tidak digunakan.

Mobil jenis MPV di Tanah Air seperti Xenia, Avanza, Mobilio, Ertiga, dan sebagainya.

City Car

Mobil jenis ini diartikan sebagai mobil perkotaan. Sesuai dengan namanya, mobil ini hanya cocok untuk digunakan di dalam lalu lintas dan medan yang terdapat di dalam kota. Jenis mobil ini kebanyakan mobil kecil yang cocok digunakan dalam kondisi lalu lintas yang macet, menuntut mobil bergerak dengan lincah sekaligus irit bahan bakar.

City Car juga bisa dibawa untuk perjalanan jauh seperti keluar kota. Namun, karena tidak didesain untuk itu, penumpang biasanya akan terasa pegal, karena duduk terlalu lama dan mesinnya akan terasa cepat panas.

Mobil jenis city car di Tanah Air seperti Sirion, Brio, Kia Morning sebagainya.

Hatchback

Mobil jenis ini berbasis sejenis sedan dengan bagian belakang yang lebih pendek. Gambaran mudahnya hatchback itu sedan tanpa buntut. Tipe ini biasanya digunakan oleh mobil-mobil saat ini, demi memperingkas desain, namun tetap fungsional.

Pintu bagasinya yang didesain dapat dibuka ke atas, membuat memasukkan barang ke bagasi lebih mudah. Namun, kadang mobil jenis ini memiliki bagasi yang minim, namun tetap bisa menjadi besar jika melipat bangku belakang.

Mobil jenis hatchback di Tanah Air seperti Swift, Yaris, Jazz, Fiesta, dan sebagainya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya