TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Mengenal Teknologi 'Anti Maling' Motor Suzuki GSX-R 150

Mengenal Keyless Ignition System pada GSZ-R 150
Mengenal Teknologi 'Anti Maling' Motor Suzuki GSX-R 150
Acara test ride Suzuki GSX-R 150 di Sentul. (VIVA.co.id/Yasin Fadilah)

VIVA.co.id – Salah satu fitur unggulan yang disematkan Suzuki pada motor terbarunya, GSX-R 150, yaitu penggunaan Keyless Ignition System. Hadirnya fitur ini diklaim pihak Suzuki dapat memudahkan pengguna dalam beraktivitas.

Selain itu, Fitur ini diklaim juga dapat membantu mengurangi risiko 'kemalingan' pada sepeda motor. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Trainer PT Suzuki Indomobil Sales 2W, Harsoyo mengatakan, dalam penggunaan sistem keyless, terdapat dua komponen acuan yang tentu harus dijaga keberadaanya, yaitu remote dan anak kunci. "Jadi, intinya itu pada dua itu, semisal remotenya rusak, maka harus segera diperbaiki," katanya kepada VIVA.co.id.

Harsoyo menuturkan, dengan hadirnya keyless teknologi, pengguna bisa menghidupkan motor miliknya dengan lebih mudah dan praktis.

"Soalnya, cukup memutar bagian switch knob ke arah on, maka motor bisa menyala dengan mudah. Pengendara tak perlu memasukkan kunci ke bagian lubang yang biasa ditemukan pada motor biasa (konvensional)," ujarnya.

Harsoyo melanjutkan, teknologi keyless Suzuki memiliki radius kurang lebih satu meter. Jika remote lebih dari jarak yang ditentukan, anak kunci akan melakukan penguncian secara otomatis.

"Makanya, saat parkir, tidak usah dicabut kuncinya, tinggal diposisikan ke lock, tinggal saja aman. Karena remote kan intinya. Kalau menggunakan kunci T juga, di mana caranya. Susah kan, karena kunci nempel, makanya lebih aman," katanya.

Jika masih kebingungan dalam menggunakan Keyless Ignition System, Indra kharisma selaku Technical Quality Overseas Suzuki memberikan beberapa tipsnya. Pertama, pasang kunci motor.

"Setelah itu, untuk menghidupkan motor, pemilik hanya perlu menekan switch knob hingga lampu indikator berwarna biru pada bagian knob menyala. Setelah itu, tinggal dinyalakan mesinnya," katanya.

Indra menuturkan, jika dalam jangka waktu empat detik setelah lampu indikator menyala knob tak diputar, sistem akan secara otomatis kembali menonaktifkan tombol. "Switch knob juga berfungsi membuka tangki bahan bakar dan bagian bagasi di kursi belakang," ujarnya.

Indra menjelaskan, knob pada motor GSX-R, tidak dapat diputar dengan paksa. Sebab, main switch knob akan secara otomatis tidak bisa terkoneksi dengan kunci yang telah disetting.

"Makanya, untuk memberikan jaminan, setiap keyless remote memiliki nomor ID. Di mana, apabila motor rusak, pemilik motor tetap bisa mengakses main switch knob. Tetapi, digunakan manual dengan menekan nomor ID masing-masing motor," katanya. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP