TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF
Review Otomotif

Mencoba Fitur Ganas New Porsche 911 Carrera di Tol Serpong

Ada mode switch yang ditawarkan mobil miliaran tersebut.
Mencoba Fitur Ganas New Porsche 911 Carrera di Tol Serpong
New Porsche 911 Carrera. (VIVA.co.id/Jeffry Yanto)

VIVA.co.id – PT Eurokars Artha Utama, agen pemegang merek Porsche di Indonesia, belum lama ini secara resmi menghadirkan New Porsche 911 Carrera ke Tanah Air, Juli 2016. Mobil itu lahir dengan mengusung segudang fitur terbaru.

Salah satu fitur anyar yang menarik perhatian adalah mode switch tiga pilihan sensasi berkendara, yakni Normal, Sport, Sport Plus, dan Individual. Jika dahulu posisi awal mode switch terletak di konsol tengah, kini diletakkan pada bagian setir dan dilengkapi tombol tambahan 'Sport Response Button'.

Fitur pilihan berkendara ini ternyata masuk dalam Sport Chrono Package. Jadi tak semua produk Porsche memilikinya, sebab pabrikan asal Stuttgart ini hanya menanamkan apabila ada permintaan dari konsumennya.

VIVA.co.id berkesempatan menjajal langsung mobil berbanderol miliaran ini. Model yang dicoba sudah dilengkapi fitur sensasi berkendara mode switch. Rasa penasaran langsung menyeruak, ingin tahu seberapa ganas fitur sensasi berkendara yang ditawarkan Porsche 911 Carrera terbaru di jalan raya.

New Porsche 911 Carrera.

Foto: VIVA.co.id/Jeffry Yanto

Pilihan rute jatuh ke tol Jakarta-Serpong yang cukup lancar. Di ruas bebas hambatan itu, mode langsung kami ubah ke Sport Plus, agar respons berkendara lebih maksimum. Saat pedal gas kami injak, tenaga langsung terisi dengan cepat.

Sekadar catatan, mesin yang digendong New Porsche Carrera 911 ini berkapasitas 3.000cc dengan dukungan bi-turbo. Hanya butuh kitiran 1.100 rpm untuk mencapai 80 kilometer per jam dengan catatan di indikator transmisi pada posisi gigi-tujuh.

Perpindahan transmisi PDK (Porsche Doppelkupplung) tujuh-percepatannya juga benar-benar memicingkan mata. Decak kagum merasakan ini semua. Belum puas, kami lalu aktifkan lagi tombol 'Sport Response Button' agar mobil makin liar dan lebih responsif.

Fitur mode switch pada New Porsche 911 Carrera.

Foto: VIVA.co.id/Jeffry Yanto

Ternyata transmisi awal yang berada pada posisi tujuh mendadak turun menjadi gigi dua. Rpm sekejap melonjak di angka 5.000 dan raungan mesin mendadak lebih berat, seakan-akan meminta kami untuk menginjak pedal gas lebih dalam lagi. Benar saja, setelah pedal diinjak lebih dalam, mobil seakan langsung menari-nari bebas di jalan tol. 

Respons throttle terasa lebih cepat tiga kali lipat dibanding hanya mengandalkan mode Sport Plus. Tak terasa saat melihat angka speedometer, sudah menunjukkan kecepatan 197 kilometer per jam pada kitiran sekira 5.500 rpm, dengan posisi transmisi di gigi tujuh.

Sebagai informasi, ketika tombol fitur Sport Response Button ini ditekan, akan memberikan kecepatan maksimum selama 20 detik. Jadi, selama waktu tersebut, jika pedal gas tidak ditekan lebih dalam lagi, fungsi fitur ini akan kembali normal.

Porsche Carrera.

Foto: Dok VIVA.co.id

Menurut, Non-Technical Trainer and Product Specialist Porsche Indonesia, Ricko Boen, fitur Sport Response Button ini memang untuk mengkondisikan mobil yang siap berakselerasi secara maksium.

"Jadi dia akan turun gigi, dan set rpm di mode yang paling kencang di akselerasinya. Rpm dibuat lebih tinggi dan perpindahan gigi serta respons throttle lebih cepat. Meski drive mode masih di posisi Normal," ujarnya kepada VIVA.co.id mendampingi. (hd)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP