Sering Lupa Turunkan Rem Tangan, Komponen Ini yang Diserang

Rem tangan
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA.co.id – Rem tangan atau yang biasa disebut juga rem parkir memiliki peran penting pada mobil. Fungsi utamanya menahan mobil bergerak saat posisi menanjak maupun menurun. Selain itu, komponen ini juga dapat digunakan jika mobil dalam kondisi berhenti cukup lama, seperti dalam kondisi macet maupun saat parkir.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Namun seiring penggunaannya, rem tangan kerap mengalami berbagai masalah. Salah satunya pemilik sering lupa menurunkannya saat kendaraan melaju. Kebiasaan ini memang awalnya tak terlihat mempengaruhi kinerja kendaraan. Namun lama-lama ternyata dapat menyerang komponen mobil.

Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi mengatakan, pada dasarnya ketika rem tangan lupa diturunkan oleh pengendara, efek pertama yang tentu dirasakan yaitu kurangnya tenaga mesin kendaraan saat dijalankan.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

"Iya, jadi karena fungsinya menahan kendaraan. Akibatnya, mobil jadi tak maksimal kinerjanya karena tertahan oleh rem parkir," katanya kepada VIVA.co.id, Jumat 3 Februari 2017.

Setelah itu, sambung Dadi, karena tertahan, akibat lainnya tentu akan membuat kampas rem mobil mulai terkikis dan cepat habis. "Kampas atau sepatu rem cepat habis dan tromol rem terkikis karena gesekan saat rem tangan dibuka," ujarnya.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Hal yang sama juga diungkapkan Technical Service Executive Cordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosadi. Menurutnya, efek terlalu lama lupa menurunkan rem tangan akan mengikis kampas rem kendaraan. "Tentu kampas rem habis. Awalnya, mobil terasa berat atau tidak ada tenaga, terus bau gosong," katanya.

Karena terlalu lama bergesekan dengan rem, lanjut Anjar, akibatnya akan membuat kinerja rem jadi tidak maksimal dan daya cengkramannya berkurang. "Pastinya, karena kan lama-kelamaan kampas habis, kalau kampasnya habis, otomatis cengkraman rem nya tidak optimal," ujarnya.

Untuk itu, Anjar menuturkan, jika sudah mengalami kejadian seperti itu, ada baiknya melakukan pengecekan ke bengkel terdekat. "Periksa kan sistem rem pada kendaraan ke bengkel, mereka akan memberikan saran untuk perbaikan kendaraan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya