Ducati Diam-diam Kembangkan Motor dengan Teknologi Jet

Teknologi jet Ducati
Sumber :
  • Foxnews

VIVA.co.id – Perkembangan teknologi mesin untuk kendaraan bermotor selalu berkembang setiap tahunnya. Namun teknologi yang dikembangkan Ducati ini terbilang ekstrem. Ducati kini tengah mengembangkan teknologi jet untuk kendaraan roda duanya.

Ducati Panigale V4 SP2 Resmi Dirilis, Pakai Mesin Balap

Seperti dilansir Foxnews, Jumat 3 Februari 2017, pabrikan kondang asal Italia ini diketahui kini tengah mengembangkan teknologi jet bagi yang terungkap dari pengajuan hak paten dari sebuah desain gambar yang ditemukan oleh Bennetts Insurance.

Dari desain rancangan tersebut diketahui sebuah nozzle adjustable dipasang di ujung pipa knalpot untuk mengubah gas keluar sebagai tenaga pendorong. Hal itu tentu sangat akrab ditemukan pada pesawat jet supersonik.

Gaharnya Motor Enea Bastianini yang Digaji Perusahaan Asal Indonesia

Namun ide ini sepertinya memang tidak bertujuan untuk membuat sepeda motor melaju lebih cepat, tapi lebih untuk menjaga sudut pembuangan gas yang bertujuan untuk menjaga kestabilan ban depan saat motor melakukan akselerasi.

Perlu diketahui, teknologi anti-wheelie saat ini banyak digunakan untuk memodulasi kekuatan roda belakang, serta mengurangi produksi tenaga. Dan adanya nozzle membuat motor secara teoritis dapat terus-menerus menyesuaikan tekanan knalpot, meski tetap mengirimkan daya ke roda belakang. (adi)

Intip Spesifikasi Motor Ducati Tim MotoGP Valentino Rossi
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022