Kemenperin Siap Sebar Mobil Pedesaan di 34 Provinsi

Salah satu bentuk mobil pedesaan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Shintaloka Pradita Sicca

VIVA.co.id – Kementerian Pertanian akan mendistribusikan 34 prototipe mobil pedesaan ke 34 provinsi sebagai langkah uji coba. Rencananya, mobil pedesaan ini akan selesai dan siap diproduksi pada Agustus 2017 dan dibagikan secara gratis.

Modifikasi yang Satu Ini Bukan Cuma Gaya, tapi Ada Manfaatnya

Hal itu diungkapkan langsung Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto. Terkait dengan fungsinya, Kemenperin masih belum menentukan pastinya dan masih menganggap dalam tahap mengkaji.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM), Gati Wibawaningsih, mengatakan dalam memproduksi mobil pedesaan ini tidak menutup kemungkinan keterlibatan dari IKM (Industri Kecil Menengah).

Mobnas Vietnam Siap Mendunia, Esemka Bagaimana?

"Kita buka siapa yang mampu. Kita enggak tentukan. IKM juga banyak. Itu sudah ada list-nya, tapi saya enggak hafal," ujar Gati di kantor Kemenperin Jakarta pada Jumat 3 Februari 2017.

Proyek ini pun, ia katakan, terbuka bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki keahlian memproduksi kendaraan roda empat dengan cc di bawah 1.000 dan kecepatan kurang lebih 60 km/jam.

3 Mobil Buatan Anak Bangsa yang Tak Kunjung Diluncurkan

Sementara, jika perusahaan asing seperti Wuling China tertarik untuk berinvestasi dan menggarapnya, prototipe pemerintah ini tetap harus digunakan sebagai acuan produksi. "Ya terserah dia, tapi kan harus sesuai dengan prototipe kita. Prototipe kan kita yang bikin, bukan Wuling," ucapnya.

Kemudian, terkait prototipe mobil desa yang sempat dikeluarkan oleh perusahaan sebelumnya, pihaknya akan mengajak mereka bertemu, berkoordinasi, untuk sinergi produksi yang ada.

Pada saat ini sendiri, pihaknya tengah merevisi anggaran. Bila anggaran telah beres barulah melangkah ke tahap produksi, distribusi, dan ke depannya lagi akan dikomersialkan. "Pokoknya target kita Agustus sudah ada, minimal satu. Syukur-syukur Agustus jadi 34. Tahun ini target prototipe sudah harus didistribusikan (untuk uji coba)," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya