Bahaya Terlalu Lama Tak Memakai Mobil, Wajib Tahu

Rem tangan
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA.co.id – Karena beberapa alasan, terkadang pemilik kendaraan cukup lama menyimpan mobil di garasi rumah ataupun di parkiran. Hal ini mereka anggap tidak menjadi masalah besar. Bahkan masih ada yang menganggap mobil semakin jarang digunakan semakin awet. 

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Namun rupanya hal itu salah kaprah. Menurut Technical Service Executive Cordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosadi, terlalu lama menyimpan kendaraan di rumah akibatnya justru akan merusak rem dan rem tangan.

"Kalau sudah lebih dari satu minggu, tidak hanya mesin, tapi juga akan berpengaruh pada rem tangan kena," katanya kepada VIVA.co.id.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Anjar menuturkan, rusaknya komponen rem tangan karena tidak tertutupnya area pengereman sehingga menimbulkan karat dan lengket.  "Itu kan bagian pad atau shoe-nya terbuat dari besi, karena terlalu lama diam terlebih jika sering kehujanan tentu akan berkarat dan lengket," ujarnya.

Untuk mengatasinya, Anjar menjelaskan, perlu dilakukan pemanasan mobil minimal dua hari sekali. "Kalau bisa dibawa jalan dan digunakan remnya untuk menghilangkan karat," katanya.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Selan itu, sambung Anjar, usahakan untuk melakukan pemanasan kendaraan tiap pagi untuk memaksimalkan oli mesin agar tersirkulasi dengan baik.

"Soalnya, memang basic-nya mobil yang disimpan lama misal seminggu, itu sekali sebaiknya dipanaskan dan dibawa jalan. Tujuan nya biar olinya tersirkulasi lagi, battery terisi ulang, dan ban tidak tertekan di satu area," katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022