TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ini Motor Honda Buatan Indonesia yang Laris di Luar Negeri

AHM masih tutup informasi ekspor sepeda motor CBR250RR.
Ini Motor Honda Buatan Indonesia yang Laris di Luar Negeri
Honda di Indonesia Motorcycle Show 2014 (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – PT Astra Honda Motor (AHM) mengaku tak mau mengikuti jejak dua kompetitornya yakni Yamaha dan Suzuki di Indonesia yang telah mengekspor sepeda motor bermesin kecil ke Eropa.

Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman mengatakan, pihaknya tak memilih suatu negara sebagai tujuan ekspor mereka. AHM, kata dia, berupaya untuk meningkatkan volume ekspor.

"Kami memperhatikan negara per negara, karena mereka punya regulasi, ada yang bisa kami kirim CBU (completely built up), ada yang harus mengirim per komponen. Kalau komponen kami cukup banyak, tapi enggak pernah ekspor," kata Johannes di Jakarta.

Untuk saat ini, AHM fokus melakukan ekspor ke negara-negara Asia seperti Filipina, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Kebanyakan Honda Indonesia mengekspor sepeda motor CBU.

"Tahun 2016 lalu, target ekspor kami 58 ribu unit, tahun ini kami ingin naik, cuma kami juga akan pelajari negara per negara, karena mereka dalam kondisi yang flat, bahkan ada yang turun," ujarnya menambahkan.

Tulang punggung ekspor AHM sampai saat ini adalah skuter matik Honda Beat. Motor itu laris karena harga jual yang terjangkau serta sejumlah diferensiasi yang ditawarkan, seperti konsumsi bahan bakar yang irit. Sementara saat disinggung bagaimana pasar ekspor CBR250RR, AHM masih mempelajari hal tersebut.

"Kami belum bisa sampaikan CBR250RR mau ke mana saja, kan saya kira akan bagaimana kalau market di sana akan tidak baik," katanya. (mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP