TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Unik Tes Katapel Kapal Induk, Pakai Truk

Katapel berfungsi untuk meluncurkan pesawat tempur.
Cara Unik Tes Katapel Kapal Induk, Pakai Truk
Ilustrasi kapal induk. (Doc. United State Navy)

VIVA.co.id – Salah satu kelemahan dari armada pesawat tempur adalah jarak. Umumnya, pesawat perang yang bisa menempuh jarak jauh hanya pengebom.

Itu sebabnya, pada Perang Dunia II muncul kapal khusus yang digunakan untuk mengangkut pesawat tempur. Kapal tersebut biasa dikenal dengan nama kapal induk.

Untuk bisa mengudara, pesawat butuh melaju dengan kecepatan tertentu. Hal itu tentu berdampak pada panjang landasan yang digunakan.

Untuk mengakali pendeknya landasan di kapal induk, ilmuwan menciptakan katapel khusus di ujung landasan. Alat pelontar ini dikaitkan ke roda pesawat, agar burung besi itu bisa mencapai kecepatan minimun lepas landas dalam waktu singkat.

Nah, baru-baru ini sebuah kapal induk milik Amerika Serikat memberi atraksi tontonan yang cukup memikat.

Dilansir dari Jalopnik, Senin 6 Februari 2017, atraksi ini dipersembahkan Angkatan Laut AS untuk menunjukkan kemampuan kapal induk terbaru mereka, USS Gerald Ford.

Kapal yang akan memulai pelayaran pertama tahun ini tersebut sedang diuji coba di AS. Salah satu komponen yang diuji adalah sistem katapel.

Sebuah truk dipasang pada sistem katapel yang menggunakan dorongan elektromagnetik sebagai penggeraknya. Hal ini berbeda dengan kapal induk lain, yang masih memakai teknologi uap air.

Truk tersebut didorong hingga kecepatan 300 kilometer per jam dalam waktu beberapa detik saja. Karena tidak dilengkapi dengan sayap, otomatis truk langsung terjun bebas ke air.

Tak hanya truk, sebuah mobil juga digunakan untuk menguji kemampuan katapel canggih itu. (one)

 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP