Terlalu Percaya GPS, Sedan Mewah Tercebur ke Sungai

Sedan tercebur gara-gara GPS.
Sumber :
  • Dailymail

VIVA.co.id – Kasus tersesat karena terlalu percaya pada satelit navigasi atau global positioning system (GPS) kembali terjadi. Kali ini menimpa sebuah sedan BMW seri 3 yang sampai masuk ke sungai. Peristiwa ini terjadi di Carmarthen, Wales.

Pakai Alat Ini, Pemotor Bisa Hindari Tilang GPS

Pengemudi BMW dilaporkan tak memakai logikanya saat GPS terus memintanya untuk terus melaju meski sungai sudah di depan mata. Alhasil, mobil kemudian terjebak di sungai. Beruntung pengemudi berhasil diselamatkan dari mobil berkelir perak itu. Demikian dilansir Dailymail, Rabu, 8 Februari 2017.

Menurut seorang juru bicara pemadam kebakaran setempat, timnya telah dipanggil untuk melakukan penyelamatan terhadap seorang pengemudi dan mobilnya yang tercebur di sungai yang tengah pasang. "Kami menerima panggilan pada pukul 03.22. Kami berhasil mengevakuasi seorang pria yang terdampar di air," kata seorang juru bicara.

Navigasi GPS, Membantu tapi Kadang Bikin Nyasar

Sedan tercebur gara-gara GPS.

Sementara itu, polisi di Carmarthen juga memperingatkan agar para pengemudi tak begitu saja percaya dengan mengikuti sepenuhnya arahan GPS. Sebab, kasus serupa beberapa kali terjadi, dan dapat membahayakan nyawa pengemudi. Pada November 2016 lalu, sebuah Mercedes Benz Sprinter juga nyaris hanyut terbawa arus sungai di tempat yang sama. 

Agar Tak Ditilang, Ketahui Cara Gunakan GPS saat Berkendara

Saat itu, air juga tengah pasang. Beruntung pengemudi berhasil diselamatkan setelah beberapa jam terjebak di kabin. (mus)

Ilustrasi mengemudi sembari mengoperasikan perangkat GPS lewat gawai.

Larangan Pakai GPS di Mobil Digugat

Sidang dilakukan 29 Maret di Mahkamah Konstitusi

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2018