TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

'Siksa' Honda BR-V di Bumi Tambun Bungai Kalimantan

Apa kekurangan dari mobil ini?
'Siksa' Honda BR-V di Bumi Tambun Bungai Kalimantan
Honda BR-V (viva.co.id/Dian Tami)

VIVA.co.id – PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi menampilkan mobil tujuh penumpang bergenre SUV (Sport Utility Vehicle), Honda BR-V perdana secara global di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 pada Agustus 2015 lalu. Nah kini VIVA.co.id mendapat kesempatan “menyiksanya.”

Dipilih Honda BR-V tipe E Prestige CVT. Sedangkan lokasinya kami ambil Kalimantan Tengah. Perjalanan dimulai dari Palangkara menuju Sampit. Kondisi jalan yang berlubang serta perpaduan jalan beraspal dan tanah tentu pas untuk mengetahui kehebatan mobil yang satu ini. Untuk kenyamanan, mobil ini cukup kedap suara dan tebal jok mobil membuat perjalanan semakin mudah.

Menggendong mesin empat-silinder i-VTEC 1.5 liter yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm, BR-V tetap stabil saat melaju di jalan sepi dan berliku dengan tuas transmisi berada di mode D.

Konsumsi BBM terhitung irit dengan kondisi lalu lintas lancar dan gaya berkendara yang dihiasi banyak akselerasi serta pengereman. Mobil ini mampu menempuh jarak 20,94 km/liter. Sedangkan untuk rata-rata kecepatan yang dihasilkan yakni 80 Km/Jam.

Sebagai varian tertinggi tipe E Prestige CVTmemiliki seluruh fitur yang disematkan pada tiga varian di bawahnya dengan tambahan Chrome Tailgate Garnish, Tailgate Spoiler, Aero Kit, Shark Fin Antenna, dan Exhaust Pipe Finisher di bagian eksterior. Tipe ini juga telah dilengkapi dengan fitur tambahan seperti Vehicle Start Assist, Hill Start Assist, 6.1” Display Audio Video System with nanoeTM dan Driver & Front Passenger Seatbelt Reminder.

Memiliki velg berukuran 16 inci dirasa cukup nyaman saat digunakan dengan kondisi jalan tidak menentu. Menggunakan mode transmisi L, BR-V dirasa cukup mudah melalui medan tanah menanjak, meskipun menggunakan penggerak roda depan. Jarak mobil ke tanah yang cukup tinggi membuat mobil ini tidak mudah bergesekan dengan jalan.

Untuk urusan interior, BR-V memiliki fitur yang dapat memanjakan penumpang saat harus menempuh perjalanan jauh, seperti Vehicle Start Assist, 6.1”, Driver & Front Passenger Seatbelt Reminder, dan Display Audio Video System with nanoeTM serta rear camera dengan fungsi otomatis saat tuas R dijalankan, sehingga memudahkan pengendara melihat kondisi sekitar saat memundurkan mobil.

Mobil juga dilengkapi dengan double blower air conditioner sehingga penumpang dibangku tengah dan belakang tetap merasa nyaman.

Kekurangan yang dirasakan hanyalah indikator transmisi P R N D S L yang berada di samping tuas tidak menyala saat malam hari. Namun tak perlu was-was, sebagai gantinya pengemudi bisa mengetahui posisi transmisi yang sedang dijalankan pada speedometer.

Headlamp BR-V yang dilengkapi dengan fog lamp juga mampu memberikan pencahayaan maksimal dan leluasa saat berkendara di Kalimantan karena sangat minim penerangan jalan.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP