Usung Teknologi Hibrida, Ertiga Baru Butuh Aki Khusus?

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Ada yang berbeda pada versi terbaru mobil keluarga Suzuki, New Ertiga. Selain mengusung mesin diesel, mobil berkapasitas tujuh penumpang itu juga dibekali dengan fitur semi hibrida.

Ada Promo Menarik Tukar Tambah Mobil di JAW 2022

Suzuki juga menyematkan fitur canggih penghemat bahan bakar, yakni idle stop start system (ISS). Saat mobil berhenti di antrean, mesin otomatis dimatikan guna menghemat BBM. Mesin akan kembali hidup bila pedal kopling diinjak.

Teknologi hibrida yang terpasang berfungsi sebagai penambah torsi mesin. Nah, untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, aki yang dipakai diperbesar kapasitasnya menjadi 70 Ampere hours.

Mobil Pesaing Avanza dan Xpander Dijual Mulai Rp201 Jutaan

Head of Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda empat, Harold Donnel, mengatakan, meski telah disematkan hibrida, aki tidak memerlukan perawatan khusus.

"Kami hanya menyarankan, untuk standar diesel, dipanaskan mobilnya di pagi hari. Paling tidak, kami sarankan minimal sekira seminggu, dua sampai tiga kali dipanaskan. Cukup lima sampai 10 menit saja," ujarnya. 

Bocoran Mobil Baru Penantang Avanza, Meluncur Bulan Depan

Ia juga mengungkapkan, jika kondisi baterai mobil mengalami penurunan dan butuh diganti, model apa pun diperbolehkan. 

"Asal, pilih akinya dengan kapasitas yang sama, yaitu 70 Ah. Sebab, kalau tidak tentunya dapat mengganggu sistem kelistrikan pada mobil," tuturnya. (art)

Suzuki XL7 di Jakarta Auto Week 2022

Semua Mobil Suzuki Diganjar Diskon Besar Sampai 5 Hari ke Depan

Demi menarik perhatian pengunjung, Suzuki secara terang-terangan menawarkan diskon untuk semua mobilnya selama pameran Jakarta Auto Week yang tinggal 5 hari lagi

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022