Teknologi, Solusi Baru Kurangi Macet Kota Besar

Ilustrasi kendaraan di jalan Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Kemacetan yang terjadi di Jakarta dan sejumlah kota besar di Indonesia dapat terurai dengan sistem transportasi berbasis teknologi. Tak hanya itu, sistem transportasi terintegrasi yang dikenal dengan Intelligent Transportation System (ITS) juga menjadi modal penting menjaga pertahanan dan keamanan.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Head Unit of Technical Management Smart Cities Jakarta, Setiaji mengungkapkan, Jakarta sebagai kota metropolitan memiliki masalah lalu lintas yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, dibutuhkan solusi dengan berbasis teknologi. Sehingga seluruh sistem transportasi akan saling terintegrasi dalam proses pengaturan lalu lintas.

"Hal ini secara langsung dapat mengurangi masalah lalu lintas seperti kemacetan dan kecelakaan," kata Setiaji, di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 9 Februari 2017.

Di Mobil Masa Depan, Sandaran Tangan Bisa Jadi Layar Sentuh

Dalam kesempatan yang sama, Country Manager Alcatel-Lucent Enterprise Indonesia, Adios Purnama mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang mengembangkan Intelligent Transportation Systems. Sistem itu menghubungkan setiap kamera, marka jalan, sinyal dan kendaraan bermotor ke pusat data dan operasional. Sistem tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai pengawasan.

"Teknologi Intelligent Transportation Systems tidak hanya memonitor situasi, tapi juga membantu menentukan tindakan yang harus segera diambil. Konsep Smart City menjadi fokus pengembangan kami," ujar dia.

Benda Kecil Ini Wajib Dibawa Pengendara Sepeda Motor Matik

Adios meyakini, dengan adanya teknologi tersebut perilaku pengendara kendaraan bermotor bakal berubah untuk lebih sadar berlalu lintas. "Saya kira teknologi bisa mengubah pengendara dengan sistem yang diterapkan. Makanya edukasi perlu dilakukan kepada masyarakat," katanya.

Diler Wuling Arista Cimahi

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Wuling siapkan teknologi otomotif baru di mobilnya, sampai layani pelanggan di Indonesia yang terdampak bencana.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2021