Penyebab Lampu Spedometer Motor Mulai Redup 

Speedometer Honda PCX 150
Sumber :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

VIVA.co.id – Speedometer merupakan salah satu panel penting pada sepeda motor. Komponen ini sangat berguna bagi pengemudi dalam memantau kecepatan. Bila speedometer mati, maka pengendara tak bisa mengetahui seberapa cepat ia melaju, sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan. 

Kenali Tanda Aki Motor Rusak dan Perlu Segera Diganti

Kendati demikian, seiring penggunaannya, spedometer kerap mengalami masalah. Salah satu masalah yang terjadi yakni matinya lampu spedometer yang ada di bagian dalam atau redup. Lantas, kenapa bisa terjadi?

Mekanik Bengkel Resmi Yamaha di Jakarta Timur, Mad Ardhani mengatakan, penyebab redup dan matinya lampu spedometer karena seringnya pemilik tak melakukan perawatan. "Itu karena sering tidak dirawat, kotoran yang menempel pada spedometer dalam tentu akan berpengaruh terhadap rusaknya lampu bagian dalam," katanya kepada VIVA.co.id, Jumat 10 Februari 2017. 

Begini Cara Merawat Speedometer Digital Motor yang Benar

Ardhani menuturkan, kotornya spedometer karena masih ada sedikit lubang yang membuat debu masuk. "Karena itu, debu yang sering masuk menutup lampu dan membuatnya redup," ujarnya.

Selain itu, mulai redupnya lampu spedometer akibat sistem kelistrikan sudah tak lagi mengalirkan secara baik ke panel instrumen. Agar awet, mesti dibersihkan dengan membuka panel tiap enam bulan sekali, biar debu terangkat dan tak pengaruh sistem kelistrikan rusak.

Cara Mudah Lindungi Interior Mobil dari Goresan, Bisa untuk Motor Juga
Vespa GTV

Miliki Tampilan Catchy, Ini Impresi Singkat Vespa GTV 2023

Vespa GTV 2023 menunjukkan kesan catchy karena adanya perpaduan warna Beige dan oranye di sejumlah area bodi. Impresi berkendara kendaraan ini juga terasa cukup nyaman.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2023