TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kelemahan Mobil Pakai Lampu LED, Banyak yang Tak Tahu

Selain kelebihan, lampu LED juga punya kelemahan.
Kelemahan Mobil Pakai Lampu LED, Banyak yang Tak Tahu
Lampu LED Range Rover. (www.meduza.co.id)

VIVA.co.id – Dewasa ini banyak kendaraan, khususnya mobil keluaran baru, yang sudah dilengkapi dengan lampu berteknologi LED atau light-emitting diode. Lampu ini dianggap banyak kalangan cenderung lebih terang dari lampu halogen. Karena terbilang menarik, banyak pemilik kendaraan yang mobilnya masih menggunakan halogen ikut mengaplikasikan LED.

Kendati demikian sebenarnya ada kekurangan yang sudah banyak dikeluhkan para pengguna lampu LED, yaitu tidak terangnya cahaya yang dihasilkan ketika hujan turun. Selain itu penggunaan lampu LED juga cukup menggangu sorot pengemudi lain. Sebab, warnanya yang putih membuat kaca mobil tembus. 

"Memang secara sinar lampu LED itu pasti lebih terang dari halogen, karena dia menggunakan relay untuk membesarkan watt. Tapi, kalau pas hujan itu tidak juga. Lalu bisa menyilaukan mata pengemudi lain dibandingkan dengan sinar lampu yang berwarna kekuningan. Tapi, kalau bisa diatur jaraknya sih tidak apa apa," kata Resi, pemilik bengkel Morimoto di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat, kepada VIVA.co.id, Jumat 10 Februari 2017.

Lampu LED pada mobil.

Resi menjelaskan, banyak faktor sebetulnya yang dapat membuat pandangan pengemudi mulai redup ketika hujan. "Banyak faktornya, jadi bukan karena lampu saja, misalkan karena pemasangan bohlam tidak betul. Kedua, pemasangan kelvin. Ketiga, mata dan kaca film juga pengaruh," ujarnya. 

Meski demikian, penggunaan lampu LED juga memiliki kelebihan, di antaranya tak berisiko terhadap borosnya aki mobil. Sebab kadar kelistrikan yang dianutnya cukup kecil. 

"Enggak, karena akinya kan sudah kecil dengan efisiensi energi diperkirakan 80 persen jika dibandingkan dengan sistem pencahayaan lampu CFL dan bola lampu konvensional. Dan 80 persen itu diambil dari energi listrik diubah menjadi cahaya, sedangkan 20 persen hilang dan diubah menjadi panas."

Lampu mobil kombinasi LED dan HID.

Kelebihan lainnya, lampu LED juga memiliki masa pakai yang lebih awet dengan lampu standar (halogen), termasuk kelebihan dalam hal penerangan yang lebih baik. Masa pakai lampu standar juga hanya setengah dari LED. Sebagai contoh, apabila lampu biasa tahan 1.000 jam, lampu LED dua kali lipatnya. (one)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP