Jarum Speedometer Mobil 'Ngaco', Ini Biaya Perbaikannya

Lampu cincin speedometer Honda HR-V.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Speedometer merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Pada mobil, peranti ini merupakan sumber informasi untuk melihat jarak tempuh (odometer), kecepatan, rpm, temperatur mesin, hingga konsumsi bahan bakar.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun karena usia pemakaian, speedometer juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan juga bisa terjadi karena salah dalam proses modifikasi kendaraan. Untuk memperbaikinya, Anda bisa menyambangi sejumlah gerai khusus perbaikan speedometer yang saat ini sudah mulai banyak ditemukan. Salah satunya adalah SACS Speedglow, di Jakarta, yang menawarkan jasa khusus perbaikan speedometer.

Menurut Wira, pemilik SACS Speedglow, kerusakan pada speedometer bermacam-macam. Tidak semua mobil kerusakannya sama. Jadi untuk biaya juga berbeda-beda. "Nissan Terano biasanya ganti Integrated Circuit (IC) jika speedometer mati semua. Kebetulan sudah saya copy IC yang bagus, biayanya Rp900 ribu sampai Rp1,4 juta," ujar Wira saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Sementara untuk Kijang Innova tahun 2000-an, masalah biasanya terjadi pada per-jarum yang tak bergerak. "Rusaknya enggak menentu jarum yang mana, biasanya jarum bensin jatuh, temperatur dan rpm jatuh (menempel pada titik terendah). Harganya (perbaikan) Rp600 ribu," kata dia.

Sedangkan Toyota Great Corolla, beberapa kasus menunjukkan jarum yang juga melemah, seperti jarum speedometer yang seharusnya menunjukkan kecepatan 80 kilometer per jam, namun hanya 40 kilometer per jam. Begitu pun rpm, harusnya sudah menunjukkan angka 4.000, tetapi jarum cuma menunjukkan di 2.000 rpm. "Kalau Corolla yang diganti bukan jarumnya, tetapi komponen elektriknya, seperti transistor, biaya murah hanya Rp150 ribu sampai Rp300 ribu. Untuk waktu pengerjaan kurang lebih dua jam," sambungnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Berbeda dengan Kijang kapsul lansiran 1993-2002, kerusakan yang sering terjadi biasanya pada jarum temperatur mesin. Jadi, jarumnya jatuh menempel pada titik terendah. "Kalau itu perbaikannya hanya Rp100 ribu."

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022