TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Mudah Deteksi Mobil Bekas Dempulan

Dia mengatakan cat asli memiliki tekstur seperti kulit jeruk.
Cara Mudah Deteksi Mobil Bekas Dempulan
Bengkel mobil. Foto ilustrasi. (viva.co.id/Yasin)

VIVA.co.id – Sebelum membeli mobil dalam kondisi seken atau bekas, seseorang akan lebih senang melihat tampilan body mobil dan kualitas catnya masih mengkilap. Namun tak sedikit calon pembeli mobil yang tak mengetahui riwayat mobil dan mudah tertipu dengan kondisi cat yang mengilap.

Nah, lantas bagaimana membedakan cat asli dengan cat bekas dempulan? Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi membeberkan tips mudah cara mendeteksinya.

Dia mengungkapkan secara kasat mata sebenarnya cara mendeteksi cat mobil tersebut asli atau tidaknya bisa dilihat dari tekstur cat mobil. Dia mengatakan cat asli memiliki tekstur seperti kulit jeruk.

"Kalau mobil itu cat asli, cat asli pabrik sedikit terlihat seperti kulit jeruk atau orange peel kami menyebutnya," kata Anjar kepada VIVA.co.id di Jakarta, Senin 13 Februari 2017.

Kemudian, lanjut dia, biasanya mobil yang telah dicat ulang bisa dideteksi dari warna cat mobil yang tidak merata. "Secara visual mobil yang dicat ulang, pengerjaan pengecatan tidak merata. Maka tekstur ketidakrataan itu mudah sekali dilihat," katanya.

Anjar menjelaskan mendeteksi cat itu asli dengan cat bekas dempul juga bisa dilakukan dengan cara diketuk pakai tangan. "Coba diketuk-ketuk, kalau suaranya cenderung berat dan tidak nyaring itu cat sudah didempul. Kalau asli alias enggak ada dempulan lebih nyaring," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP