Cara Mudah Deteksi Mobil Bekas Dempulan

Ilustrasi mobil
Sumber :
  • viva.co.id/Yasin

VIVA.co.id – Sebelum membeli mobil dalam kondisi seken atau bekas, seseorang akan lebih senang melihat tampilan body mobil dan kualitas catnya masih mengkilap. Namun tak sedikit calon pembeli mobil yang tak mengetahui riwayat mobil dan mudah tertipu dengan kondisi cat yang mengilap.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Nah, lantas bagaimana membedakan cat asli dengan cat bekas dempulan? Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi membeberkan tips mudah cara mendeteksinya.

Dia mengungkapkan secara kasat mata sebenarnya cara mendeteksi cat mobil tersebut asli atau tidaknya bisa dilihat dari tekstur cat mobil. Dia mengatakan cat asli memiliki tekstur seperti kulit jeruk.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Kalau mobil itu cat asli, cat asli pabrik sedikit terlihat seperti kulit jeruk atau orange peel kami menyebutnya," kata Anjar kepada VIVA.co.id di Jakarta, Senin 13 Februari 2017.

Kemudian, lanjut dia, biasanya mobil yang telah dicat ulang bisa dideteksi dari warna cat mobil yang tidak merata. "Secara visual mobil yang dicat ulang, pengerjaan pengecatan tidak merata. Maka tekstur ketidakrataan itu mudah sekali dilihat," katanya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Anjar menjelaskan mendeteksi cat itu asli dengan cat bekas dempul juga bisa dilakukan dengan cara diketuk pakai tangan. "Coba diketuk-ketuk, kalau suaranya cenderung berat dan tidak nyaring itu cat sudah didempul. Kalau asli alias enggak ada dempulan lebih nyaring," katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022