TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF
Review Otomotif

Seberapa Nyaman GSX-R150 Dibesut di Jalanan Macet?

VIVA.co.id berkesempatan menjajal motor ini di jalanan Jakarta.
Seberapa Nyaman GSX-R150 Dibesut di Jalanan Macet?
Menjajal kemampuan GSX-R150 di jalanan ibu kota. (VIVA.co.id/Dian Tami)

VIVA.co.id – Pasar motor roda dua 150cc belakangan makin panas setelah Suzuki menghadirkan dua gacoan terbarunya di Tanah Air, GSX-R150. Kehadiran motor ini cukup menarik perhatian banyak biker di Tanah Air, karena memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang dua kompetitornya, Honda CBR150R dan Yamaha R15. Terlebih, GSX-R 150 hadir dengan fitur Keyless Ignition System.

Setelah mencoba di Sirkuit Sentul beberapa waktu lalu, VIVA.co.id kembali mendapatkan kesempatan untuk menunggangi 'kuda besi' milik pabrikan Jepang ini di jalanan Ibu Kota Jakarta. Pengetesan dilakukan Suzuki untuk mengukur seberapa nyaman motor sport fairing ini diajak meliak-liuk padatnya lalu lintas perkotaan.

GSX-R150 menggendong mesin 150cc satu-silinder, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 19,17 daya kuda. Tenaga seksinya benar-benar terasa saat berkesempatan melesat kencang di lalu lintas agak sepi. VIVA.co.id, dapat mencatatkan kecepatan 100 kilometer per jam. Motor dengan bobot 131 kilogram ini juga cukup ringan untuk diajak bermanuver hingga menyalip kendaraan lain di jalanan padat.

Namun sejujurnya, posisi setang yang diletakkan di bawah segitiga membuat tubuh cukup lelah. Apalagi bagi yang tak terbiasa mengendarai motor sport fairing. Jika menghadapi kondisi macet yang menggila, bahu seakan benar-benar tegang. Kenyamanan baru menyapa kembali saat memasuki jalanan lengang.

Test Ride Motor Suzuki GSX-R150

Dari bentuk tangki, ukurannya cukup kecil dan hanya bisa memuat 11 liter bahan bakar. Tetapi itu justru membuat posisi paha tidak perlu dibuka terlalu lebar untuk bisa mencari kestabilan saat duduk. Bahan bakar juga terbilang irit, karena dari empat bar, pengendara hanya menghabiskan satu bar untuk jarak tempuh kurang lebih 110 kilometer.

Postur bodi yang ramping juga membuat motor ini lebih aerodinamis saat membelah angin. Panel instrumen juga sepenuhnya sudah menggunakan teknologi digital, dan ukurannya cukup ideal untuk dilirik saat motor dipacu kencang. Dari catatan kami, pengendalian terasa nyaman di kecepatan 60-70 kilometer per jam. Motor terasa sangat ringan dan responsif saat dikendalikan.

Motor juga sangat stabil saat dipacu di tengah guyuran hujan. Sistem pengereman tak oleng atau mengalami masalah saat melintasi jalanan basah. Dengan tinggi pengendara 168 sentimeter dan berat 45 kilogram, motor ini cukup memberikan kenyamanan saat berkendara.

Suzuki GSX-R150.

Fitur Keyless Ignition System yang tersemat pada GSX-R 150 juga memudahkan pengendara, karena tak perlu takut kunci tertinggal di atas motor dan mengurangi rasa khawatir akan 'kemalingan'. Hanya perlu mendekatkan kunci, pengendara dapat langsung menyalakan motor tanpa perlu mengeluarkannya dari saku celana atau tas. 

Selain itu, motor juga akan mati dengan sendirinya apabila kunci berada jauh dari motor meski tengah melaju di jalan.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP