Truk Dimodifikasi Garansi Bakal Gugur?

Modifikasi truk bergaya Transformers.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Tak cuma mobil penumpang pribadi saja yang disulap dengan sentuhan modifikasi. Mobil pengangkut barang berukuran besar seperti truk pun kini sudah banyak yang dimodifikasi. Tak tanggung-tanggung, para pencinta truk bahkan rela merogoh kocek dalam-dalam hingga puluhan juta rupiah demi menyulap kendaraannya. Salah satu truk yang kerap dimodifikasi adalah Mitsubishi Colt Diesel.

Catat! Kendaraan Berat Bakal Dibatasi untuk Melintas saat Nataru

Menurut Director of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Duljatmono, tren memodifikasi truk merupakan bentuk kecintaan para pemilik terhadap kendaraan yang dimilikinya.

"Itu bagus saja, sesuai kebutuhan masing-masing. Dan ini juga tentunya menunjukkan konsumen sangat bangga dengan produknya, sehingga dia pun memilih modifikasi menjadi bagian dari hobinya dia," katanya di Jakarta. 

Polisi Gandeng Tim TAA Usut Penyebab Kecelakaan Kereta vs Truk di Semarang

Duljatmono menuturkan, jika mobil truk dilakukan modifikasi layaknya mobil penumpang, hal itu sah-sah saja. Tak akan ada pengguguran garansi akibat dilakukan ubahan. "Tidak, sepanjang yang diubah bukan bagian drive train, mesin, axle, tidak mengalami perubahan apa pun. Modifikasi itu kan lebih ke arah bodi, rear body, jadi enggak ada pengaruh ke warranty," ujarnya.

Sampai saat ini pihaknya memang belum terpikir untuk mengeluarkan atau memasarkan aksesori khusus untuk pehobi modifikasi truk. Bahkan, saat ditanyai soal banyaknya mobil truk 'kuning' milik perusahaannya digunakan untuk modifikasi, Duljatmono mengatakan belum tertarik membuat kontes modifikasi untuk mobil truk. "Belum ya, soalnya kami kan produsen mobil, untuk kontes biarkan yang lain saja," katanya. 

Diam-diam Banyak Pengusaha di Indonesia Pakai Truk China

Meski demikian, Mitsubishi kini tengah mempersiapkan memamerkan sejumlah truk modifikasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Kontennya, akan ada beberapa truk yang disediakan guna merayakan keberhasilan Mitsubishi yang telah mencapai penjualan 1 juta unit truk kuning buatannya di Indonesia. Selain itu, akan ada juga peluncuran truk edisi spesial yang dikhususkan merayakan keberhasilannya tersebut. 

Tol Cikupa Tangerang-Merak

Truk Besar Dilarang Melintas Tol Tangerang Merak saat Libur Tahun Baru 2024

Memasuki libur tahun baru 2024, kendaraan besar atau truk bakal dilarang melinta tol Tangerang merak.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2023