TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Bukan Cuma Hiasan, Ini Fungsi Utama Reflektor Mobil

Letak reflektor beragam, biasa dilihat di bumper belakang.
Bukan Cuma Hiasan, Ini Fungsi Utama Reflektor Mobil
Reflektor mobil. (Istimewa)

VIVA.co.id – Hampir semua mobil terbaru lansiran Jepang kini dibekali rumah lampu tambahan atau disebut sebagai reflektor. Letaknya beragam, ada yang dibekali di bagian bumper belakang atau menyambung dengan rearlamp. Tetapi, banyak pula yang belum mengetahui apa fungsi utamanya.

Awalnya tren penanaman lampu reflektor hanya menjangkiti mobil-mobil Eropa. Namun kini, mobil Jepang pun turut ikut menyematkannya. Menurut Service Advisor bengkel resmi Honda Jakarta, Ali, reflektor memiliki fungsi penting pada sebuah mobil. Yakni, sebagai indikator keberadaan mobil saat tengah melesat di malam hari.

"Kalau hujan juga (berfungsi), karena mobil rata-rata menyalakan lampu jika hujan lebat, terutama di tol dan reflektor ini dapat membantu pengendara lain melihat," ujar Ali kepada VIVA.co.id.

Lampu reflektor memiliki dimensi yang beragam, tergantung pabrikan. Lampu ini terkadang juga dapat difungsikan sebagai lampu senja, sekaligus lampu rem dengan beberapa langkah sentuhan modifikasi.

"Ini juga bisa menjadi pemanis atau aksen. Intinya agar lebih terlihat saat terkena pancaran lampu sebagai penanda pengendara lain bahwa ada mobil di depannya." (one)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP