Bukan Cuma Hiasan, Ini Fungsi Utama Reflektor Mobil

Reflektor mobil.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Hampir semua mobil terbaru lansiran Jepang kini dibekali rumah lampu tambahan atau disebut sebagai reflektor. Letaknya beragam, ada yang dibekali di bagian bumper belakang atau menyambung dengan rearlamp. Tetapi, banyak pula yang belum mengetahui apa fungsi utamanya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Awalnya tren penanaman lampu reflektor hanya menjangkiti mobil-mobil Eropa. Namun kini, mobil Jepang pun turut ikut menyematkannya. Menurut Service Advisor bengkel resmi Honda Jakarta, Ali, reflektor memiliki fungsi penting pada sebuah mobil. Yakni, sebagai indikator keberadaan mobil saat tengah melesat di malam hari.

"Kalau hujan juga (berfungsi), karena mobil rata-rata menyalakan lampu jika hujan lebat, terutama di tol dan reflektor ini dapat membantu pengendara lain melihat," ujar Ali kepada VIVA.co.id.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Lampu reflektor memiliki dimensi yang beragam, tergantung pabrikan. Lampu ini terkadang juga dapat difungsikan sebagai lampu senja, sekaligus lampu rem dengan beberapa langkah sentuhan modifikasi.

"Ini juga bisa menjadi pemanis atau aksen. Intinya agar lebih terlihat saat terkena pancaran lampu sebagai penanda pengendara lain bahwa ada mobil di depannya." (one)

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022