Mobil Anda Tak Punya Wiper Belakang, Ini Solusinya

karet wiper mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Beberapa mobil di kelas Low Cost Green Car (LCGC) dan beberapa mobil sedan ada yang tidak memiliki wiper belakang. Namun tak perlu khawatir, bagi Anda yang ingin memasang wiper belakang dapat memanfaatkan model copotan yang banyak tersedia di pasaran.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Seperti yang disediakan toko aksesoris Auto K-33 di kawasan Mega Glodok Kemayoran. Menurut Dikin Widhiarto, sebagai kepala mekanik, untuk memasang wiper di kaca belakang dibutuhkan beberapa komponen seperti motor penggerak, kabel, wiper blade, dan tuas.

"Rata-rata copotan mobil yang sejenis. Seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla bisa saja menggunakan punya Avanza dan Xenia. Pun Brio Satya tipe terendah bisa pakai milik Brio juga, jadi kanibal semua," katanya kepada VIVA.co.id.

Mengapa Wiper Mobil di Indonesia Arahnya ke Kanan?

Lanjut dia, untuk harganya kalau copotan bisa Rp1,2 jutaan, kalau baru original pabrik Rp2,5 jutaan. Dan itu baru harga motor penggerak saja, belum termasuk wiper dan tuas pengatur wiper di bawah setir. Kata dia, motor wiper aftermarket jarang yang jual dan kalau ada pun produk China.

"Kalau harga tuas pengatur wiper di bawah setir untuk copotan mobil harganya Rp1,2 juta, baru Rp 1,5 jutaan. Makanya rata-rata orang pilih buat sakelar sendiri lebih murah cuma tambah Rp150 ribuan udah termasuk pengkabelan," tuturnya.

Wiper Mobil Pakai Karet Sudah Kuno, Tesla Gunakan Laser

Lantas bagaimana pemasangannya? Kata dia, proses pengerjaan kurang lebih lima jam, karena bodi belakang harus dibor untuk kedudukan motor penggeraknya. Diameter lubang kira-kira 20 mm agar as motor tidak goyang saat bergerak karena harus presisi.

Kalau motor sudah terpasang, tinggal kaitkan tangkai pengait wiper blade. Lanjut dia, tahap proses kelistrikan dengan menyesuaikan kabel untuk kedudukan sakelar atau mengubah tuas penggerak wiper. (one)

Modifikasi wiper Honda Jazz yang bikin ketawa pengguna jalan

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Viral pengguna Honda Jazz ini jadi bahan tertawaan pengguna jalan gara-gara wiper di kaca belakang tidak dalam posisi yang benar, hal itu terlihat ketika dihidupkan.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2022