Resmi Meluncur, Apa Keunggulan Proton Iriz

Proton Iriz.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Proton Edar Indonesia (PEI) secara resmi telah meluncurkan Proton Iriz di Indonesia, Sabtu 18 Februari 2017. Lalu, apa yang membuat Proton begitu percaya diri menghadirkan city car ini di pasar Indonesia.

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Proton Iriz hadir dengan dua varian yakni 1.3 liter MT Standard dan 1.3 liter CVT dengan pilihan 7 pilihan warna. Untuk harga, Proton Iriz MT Standard dihargai Rp175,25 juta, sedangkan untuk versi CVT-nya dibanderol dengan harga Rp185,25 juta atau lebih mahal Rp10 juta.

Ya, Proton sebenarnya menyadari jika pasar city car di Indonesia tak semeriah pasar crossover ataupun Multi Purpose Vehicle (MPV). Terlebih, saat ini banyak produsen yang juga bermain di pasar city car. Bahkan tak sedikit produsen mobil yang harus menghentikan penjualan city car.

Mobil Ini Bakal Pakai Filter Kabin Penyaring Virus Corona

Rupanya, Proton punya alasan begitu percaya diri membawa city car dengan tipe hatchback ini ke Indonesia. Menurut Ahmad Fuaad bin Kenali selaku chief executive officer (CEO) of Proton Holdings Berhad, Proton Iriz punya banyak keunggulan.

"Mobil ini dilengkapi dengan safety system dan smart features yang membuat mobil ini meraih penghargaan lima bintang di ASEAN NCAP safety," kata Ahmad Fuaad bin Kenali di sela peluncuran.

Cerita Jokowi Deg-degan Naik Mobil Proton

Untuk sisi keamanan, mobil yang hadir dengan pilihan 7 warna ini dilengkapi reinforced safety structure, dual front SRS airbags, whiplash protection, isofix and top tether mount point, dan collapsible steering wheel.

Interior Proton Iriz juga terbilang menggoda. Untuk sistem infotainment-nya telah menggunakan layar 2 din yang dilengkapi dengan radio CD/MP3 player, USB, Aux Port, dan bluetooth.

Untuk dapur pacunya, mobil kecil ini menggunakan mesin kapasitas 1.332cc, 4 silinder segaris yang dapat memuntahkan tenaga hingga 70kW pada 5.750 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk top speed versi manualnya mencapai 165 km per jam dengan akselerasi dari 0-100 km dalam waktu 12,2 detik. Sementara itu, untuk versi CVT, top speed mencapai 160 km per jam dengan kemampuan akselerasi dari 0-100 km dalam waktu 13,1 detik.

Sebagai catatan, Proton Iriz di negara asalnya Malaysia sebenarnya punya dua pilihan mesin yakni 1.300cc dan 1.600cc. Namun, tak keduanya diboyong ke Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya