Air AC Menetes dari Kolong Dasbor, Pertanda Buruk

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA.co.id – Meski kerap mengendarai mobil, terkadang masih ada saja pemilik yang tidak mengetahui tanda-tanda kendaraan miliknya mengalami kerusakan. Salah satu gejala yang kerap ditemui yaitu keluarnya air menetes di kabin mobil.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Air tersebut banyak dianggap pemilik lumrah, sebab komponen penyejuk udara (AC) sedang dalam masa kondensasi. Namun ternyata, hal itu justru menjadi gejala awal pendingin udara mesti dilakukan perawatan ke bengkel terdekat.

Menurut Ahmad Hidayat, pemilik bengkel Pondok Bambu AC, di Jakarta Timur, keluarnya air menetes pada bagian bawah dasbor mobil, dikarenakan evaporator kurang perawatan alias kotor. 

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

"Sehingga selang pembuangan air tersumbat dan mulai menggenangi area kabin mobil," kata Hidayat kepada VIVA.co.id di Jakarta, Sabtu, 18 Februari 2017. 

Selain itu, menurut Hidayat, keluarnya air pada kabin mobil akibat ventilasi sirkulasi udara luar terbuka dan membuat daun atau pun kotoran mudah masuk ke dalam boks evaporator. "Akibatnya, tentu air tersumbat oleh kotoran tersebut dan keluar ke kabin," ujarnya.

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

Hidayat menuturkan, secara proses fisika, turunnya air pada kabin mobil sebetulnya cukup wajar. Sebab, pendingin udara umumnya mengalami proses kondensasi yang membuat air turun dari AC.

"Tapi kalau mobil itu kan keluarnya di kolong, bukan di kabin. Jadi kalau keluar di kabin artinya ada penyumbatan juga di bagian drain hose,” tuturnya. 

Karena tersumbat, akibatnya embun keluar di permukaan evaporator dan lama-kelamaan terkumpul menjadi air yang tumpah di kabin mobil. 

Untuk mengatasi kejadian tersebut, Hidayat menjelaskan, upaya yang perlu dilakukan yaitu dengan melakukan pembersihan pada saluran pembuangan air yang ada di drain hose.

"Letaknya di bawah dasbor. Kalau memang tidak paham, bagusnya dibawa ke bengkel terdekat. Makanya, harus juga dijaga kebersihan drain hose-nya, minimal dua bulan sekali dilihat," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya