Suzuki Motor Indonesia Mencoba Bangkit

Devi, SPG Suzuki.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua, baru saja meresmikan dua produk barunya, GSX-R150 dan GSX-S150. Kedua motor ini diplot sebagai tonggak baru pabrikan asal Jepang itu untuk menatap penjualan lebih baik ketimbang sebelumnya.

Motor Sport Ini Mendapatkan Penyegaran Warna Baru

Seperti diketahui, Suzuki motor belakangan memang bernasib tragis. Penjualan terpuruk dalam beberapa tahun terakhir, sehingga nyaris pasar diisi oleh Honda dan Yamaha saja. Padahal, tujuh tahun lalu, pencapaian perusahaan berlogo 'S' itu mencapai jutaan unit. Berbeda seperti sekarang yang hanya mencapai 85.308 unit di tahun 2016 lalu. 

Tak ingin berlarut, Suzuki kini mengaku tengah berbenah. Managing Director 2W PT SIS, Seiji Itayama mengatakan, pihaknya kini terus meningkatkan dari segi produk kualitas serta peranti tambahan lainnya untuk bisa bersaing lagi dengan para kompetitornya. "Kami sudah 46 tahun di sini, jatuh bangun sudah dilewati. Kami ingin bangkit dan fokus ke Indonesia, karena pasarnya cukup besar di sini," kata Itayama saat ditemui di Jakarta Selatan.

Pekan Depan Suzuki Luncurkan Motor Baru

Suzuki GSX-R150 dan GSX-R125 Produksi Indonesia

Untuk itu, Itayama menilai, dua produk baru yang berasal dari segmen motor sport itu didaulat akan jadi pembangkit bagi perusahaannya ke depan. "Ini merupakan tanda keseriusan Suzuki di Indonesia. Lewat dua motor ini, kami berharap semuanya akan sesuai dengan yang diharapkan," tuturnya. 

Edisi Baru Motor Terkencang Sejagat Segera Mengaspal

Tak hanya itu, Itayama mengungkapkan, ada enam produk baru lagi yang telah disiapkan tahun ini dan semuanya akan diproduksi secara lokal. Artinya, tahun ini akan disediakan delapan produk baru. Dia pun meminta semua pihak pencinta Suzuki untuk bersabar menanti kehadiran motor-motor baru Suzuki.

Selanjutnya >>> Dua motor gacoan Suzuki Indonesia...

GSX jadi modal kebangkitan

Suzuki meyakini kehadiran GSX-R 150 dan GSX-S 150 di Tanah Air akan memperbaharui kemerosotan penjualan yang selama ini terjadi. Jika melihat data penjualan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pangsa pasar Suzuki terus menciut akibat kalah bersaing dengan pemimpin pasar, Honda.

Januari 2017 lalu misalnya, penjualan Suzuki hanya tercatat sekira 1.500 unit, jauh di bawah Honda dengan penjualan 368 ribu unit. Penjualan Suzuki juga kalah dari Yamaha, yang mencatatkan angka 94 ribu unit.

Departement Head Marketing and Sales 2W PT SIS, Yohan Yahya mengatakan, GSX-R dan GSX-S akan bisa membangkitkan gairah masyarakat terhadap Suzuki di Indonesia.

Suzuki GSX-R150 dan GSX-R125 Produksi Indonesia

Setidaknya, keyakinan itu datang setelah lebih kurang 900 unit motor telah dipesan. Dan 80 persennya memilih tipe GSX-R150 dengan desain full fairing.? "Iya tentu, karena memang lihat saja bagaimana pas awal baru di-delivery, animo konsumen begitu banyak. Sampai kami kewalahan memenuhi permintaan konsumen dan diler," katanya.

Menurut Yohan, banyak pencinta Suzuki yang sudah menantikan produk barunya itu, sehingga mereka berharap akan ada kenaikan kelas akibat munculnya GSX-R dan GSX-S. "Jadi kita lihat motor ini harapan mereka, karena dari sisi performa dan fitur cukup baik di kelasnya. Banyak hal membuat mereka lebih tertarik juga mulai dari perfoma, fitur Key-less Ignition System, LED Headlight, serta LCD speedometer." (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya