Pewangi Mobil Bisa Memicu Kebakaran?

Pewangi kabin mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, sebuah video yang tersebar di media sosial jadi viral. Dalam video tersebut, seorang pria yang duduk di bangku belakang mobil menyalakan korek api, dan tiba-tiba api tersebut menyambar dan membakar isi dalam kabin mobil tersebut.

Mobil Daihatsu Ayla Terbakar di Tanjakan Depok, Pengemudi Selamat

Beberapa orang menduga, api yang merambat disebabkan dari pewangi ruangan dan bocornya korek gas. Lantas, apakah benar pewangi mobil mengandung bahan yang dapat memicu api?

Training Development Renault Indonesia, Tatang Raharjo mengatakan, bahan kimia yang bisa menyalakan api dengan cepat hanya bahan bakar beroktan yang tinggi saja, seperti RON (Research Octane Number) 95 ke atas. Itu pun tidak secepat yang ada dalam video tersebut.

Terkuak, Kaki AKP Novandi Patah Terjepit Dashboard Camry

"Kalau pewangi ruangan, sampai seperti itu belum memicu merambatnya api. Karena, tidak ada gas yang dapat memicu api. Jadi, enggak mungkin kalau api merambat karena pewangi," ujarnya di Lippo Mall Karawaci, Tangerang, Senin 19 Februari 2017.

Sementara itu, Marketing Communications Meguiars Indonesia, Rendi menuturkan, ia pernah melihat video itu ramai di media sosial. Dari keterangan yang didapatkannya, mobil tersebut terbakar karena uap BBM yang masuk ke dalam kabin.

Camry Terbakar di Senen yang Ditumpangi AKP Novandi Milik Fatimah

Kata dia, kalau dikarenakan pewangi ruangan, hal itu tidak mungkin. "Sejauh ini, belum ada masalah dengan pewangi ruangan yang memicu kebakaran," ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 19 Februari 2017.

Pengharum mobil

3 Efek Positif Memasang Pengharum Mobil

 Mobil merupakan salah satu aset penting bagi banyak orang. Di dalam kendaraan, kita menghabiskan waktu untuk bepergian, bekerja, bahkan bersantai. Oleh karena itu, penti

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024