Honda Kembangkan Motor 'Anti-Jatuh', Terinspirasi Robot

Sistem keseimbangan motor Honda
Sumber :
  • Nikkei

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, Honda Motor telah memperkenalkan sistem self-balancing pada sebuah motor. Rupanya, teknologi yang terus dalam masa pengembangan ini terinspirasi robot pintar Honda, Asimo.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Pada Januari lalu di International Consumer Electronics Show di Las Vegas, Honda telah memperkenalkan teknologi ini lewat motor prototipe yang dipamerkan. Honda berharap teknologi ini dapat memudahan para biker nantinya.

Seperti yang dilansir AsiaNikkei, Selasa 21 Februari 2017, teknologi yang oleh Honda disebut Riding Assists ini rupanya terinspirasi robot Asimo yang sangat fenomenal.

Honda Siapkan Motor Retro yang Gahar

Honda sepertinya memahami bahwa masih banyak rider yang kesulitan menjaga keseimbangan terutama saat kecepatan rendah dan bobot kendaraan sangat berat. Situasi ini bahkan tak jarang memicu kecelakaan di jalanan.

Cihuy, Beli Honda BeAT dapat Promo Menarik

Nah, teknologi terbaru dari Honda ini diharapkan menjadi solusi atas permasalahan tersebut. "Teknologi ini akan membuat orang lebih menikmati mengendarai sepeda motor," kata Makoto Araki seorang insinyur di Motorcycle R&D Center, Honda.

Araki merupakan salah satu insinyur yang memang terlibat langsung dalam pengembangan robot Asimo. Ia bergabung dalam sebuah tim yang dipimpin oleh Kazushi Akimoto guna pengembangan teknologi canggih Honda ini.

Asimo

Secara gambaran umumnya, sistem keseimbangan ini menggunakan sudut garpu depan yang terhubung pada setang dan roda depan sehingga ketika motor melambat kurang dari 4kph secara otomatis roda dan setang akan menyesuaikan.

"Mekanisme keseimbangan ini juga menjadi dasar robot Asimo dapat berdiri sendiri," tegas Akimoto. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya